Mengenal Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan



Di usia 6 bulan, si kecil sudah mengalami banyak perkembangan yang terlihat signifikan dibandingkan usia 5 bulan. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja perkembangan bayi di usia 6 bulan, kami akan coba menjelaskan kepada Anda ciri-cirinya di artikel ini.

Perkembangan dari Segi Fisik

Perkembangan pertama yang mudah dikenali yaitu dari segi fisiknya. Fisik si kecil mengalami peningkatan mulai dari berat badanya hingga panjangnya. Bayi yang berusia 6 bulan umumnya memiliki berat badan sekitar 6,4 hingga 9,7 kg.

Sementara itu, panjang bayi di usia 6 bulan yaitu 63 hingga 71 cm. Namun perlu Anda ketahui, berat badan dan panjang bayi di usia 6 bulan antara bayi perempuan dan laki-laki berbeda.

Perkembangan Motorik Bayi di Usia 6 Bulan

Selain perkembangan secara fisik, bayi juga mengalami perkembangan secara motorik, baik itu motorik halus maupun kasar. Di usia 6 bulan, si kecil sudah bisa belajar duduk atau berdiri. Orangtua juga bisa membantunya dengan cara memegang kedua ketiak mereka untuk belajar.

Bayi yang sudah berusia 6 bulan juga memiliki kekuatan otot kaki yang lebih kuat. Salah satu buktinya, si kecil di usia tersebut sudah bisa merangkak. Anda juga bisa membantu melatih kekuatan ototnya dengan cara menempatkan mainan di sekitar agar si kecil bisa menjangkaunya.

Si kecil di usia 6 bulan juga sudah bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Belajar merangkak ke belakang dan ke depan.

  • Bisa mengangkat benda dengan menggunakan satu tangan dan memindahkannya ke tangan lain.

  • Suka menjatuhkan barang ke lantai dan memperhatikan bunyi dari benda yang dijatuhkan.

  • Sudah mulai tertarik dengan benda-benda yang kecil.

  • Menggulingkan badan ke depan dan ke bagian belakang.

Perkembangan Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara si kecil juga sudah berkembang optimal. Bayi di usia 6 bulan sudah bisa mengenali nama dan juga paham kata-kata sederhana, contohnya seperti “jangan”, “dadah” dan sebagainya.

Pemahamannya terhadap bahasa juga lebih cepat berkembang dibandingkan kemampuan bicara si kecil. Akan tetapi, si kecil juga sudah bisa menggunakan bahasa tubuh untuk dapat berkomunikasi.

Itulah berbagai tahapan perkembangan bayi di usia 6 bulan. Jangan lupa juga untuk menggunakan popok terbaik dari MAKUKU yang cocok di usia tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal