Inilah Daftar Makanan Kaya Akan Asam Folat Untuk Ibu Hamil



Perlu Anda ketahui, asam folat untuk ibu hamil memiliki peran yang sangat penting, lho! Nutrisi ini mampu mendorong pertumbuhan sekaligus perkembangan janin yang dan dapat mengurangi resiko cacat lahir. Setidaknya ibu hamil memerlukan 400 mikrogram asam folat setiap harinya.


Asam folat bisa diperoleh dengan mengkonsumsi berbagai makanan alami yang sangat mudah untuk didapatkan. Lalu makanan apa saja yang mengandung asam folat dan baik untuk ibu hamil? Berikut beberapa diantaranya. 


  1. Telur 

Pada setiap satu butir telur besar mengandung setidaknya 22 mcg folat, atau sekitar 6 persen dari kebutuhan harian. Oleh karena itu, untuk mencukupi asupan asam folat Anda bisa menambahkan telur ke dalam makanan.


Tak hanya folat, telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, vitamin B12 serta tinggi akan lutein dan zeaxanthin. 


  1. Sayuran hijau 

Berbagai jenis sayuran hijau seperti kangkung, bayam, seledri dan lainnya kaya akan kandungan folat yang baik untuk ibu hamil. Sebagai contoh, setiap satu cangkir bayam mentah atau kurang lebih 30 gram mengandung 58,2 mikrogram folat atau 15 persen dari kebutuhan harian. 


Bahkan tak hanya folat saja, beraneka sayuran hijau juga tinggi akan serat dan vitamin yang juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kehamilan.


  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan asam folat dan baik untuk ibu hamil adalah pepaya. Buah pepaya menyediakan seperempat kebutuhan asam folat perhari. Selain pepaya ada jeruk dan buah anggur yang masing-masing mengandung sekitar 30 hingga 40 mikrogram asam folat. 


Buah-buahan tersebut bisa dijadikan menu sarapan bagi para ibu hamil. Selain dimakan langsung, Anda bisa juga menyajikannya dengan menambahkan yoghurt rendah lemak agar rasanya semakin lezat. 


Itulah dia beberapa daftar makanan yang kaya akan asam folat baik untuk ibu hamil dan mudah untuk didapatkan. 


Selain memenuhi asupan bagi ibu, jangan lupa juga menyiapkan kebutuhan bagi bayi salah satunya yaitu popoknya. Untuk urusan ini, Anda bisa menyiapkan popok MAKUKU Newborn yang diformulasikan untuk bayi baru lahir. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal