Hati-Hati, Ini Risiko Menggunakan Sparepart Mitsubishi Palsu



Mitsubishi merupakan brand kendaraan roda empat yang cukup populer di Indonesia. Brand asal Jepang ini menyediakan mobil dari berbagai kelas mulai dari pickup, MPV, SUV, truck, dan lain sebagainya. Dalam perawatannya, mengganti sparepart Mitsubishi secara berkala merupakan hal yang wajib dilakukan. Jika tidak diganti, maka performa akan menurun dan mobil menjadi tidak nyaman saat digunakan.

Ketika akan mengganti sparepart, Anda mungkin akan menemukan sparepart palsu atau KW. Sparepart palsu bisa ditemukan dengan mudah di bengkel offline maupun toko online. Meskipun harganya lebih murah, namun tidak dianjurkan Anda menggunakan sparepart palsu. Pasalnya menggunakan sparepart palsu memiliki banyak risiko seperti berikut ini:

Bentuk atau Ukuran Tidak Sesuai

Secara sekilas, sparepart palsu memang sangat identik dengan sparepart asli. Orang awam akan sulit membedakan antara sparepart palsu dan asli. Perbedaannya akan terlihat ketika dipasang pada mobil Anda. Sparepart palsu tidak dibuat dengan baik dan presisi sehingga kurang pas saat dipasang. 

Sedangkan sparepart asli dibuat oleh perusahaan yang mengeluarkan mobil, jadi pasti bentuk dan ukurannya pas. Karena bentuk dan ukuran terkadang tidak sesuai, proses pemasangan bisa lama dan malah bisa saja tidak bisa dipasang.

Tidak Tahan Lama atau Mudah Rusak

Kualitas sparepart palsu atau KW tentu saja jauh di bawah sparepart asli. Itulah yang menjadi alasan mengapa harga dari sparepart palsu biasanya jauh lebih murah dari sparepart asli. Karena kualitasnya yang rendah tersebut, otomatis sparepart cepat rusak atau tidak tahan lama. Akibatnya Anda harus sering mengganti sparepart dan mengeluarkan uang lagi.



Dapat Merusak Sparepart Lain

Bentuk atau ukuran sparepart yang tidak pas memengaruhi banyak hal. Bukan hanya pemasangannya saja yang lama, namun juga bisa berpengaruh pada sparepart lain. Pasalnya setiap sparepart dari kendaraan saling terhubung. Ketika ada sparepart yang tidak cocok, maka bisa saja sparepart lain akan menjadi lebih mudah rusak. Akhirnya Anda pun harus mengganti sparepart lain.

Merusak Komponen Mesin

Jika sparepart palsu yang Anda gunakan berhubungan dengan mesin, maka masalahnya akan semakin fatal. Pasalnya bisa saja komponen mesin dari mobil menjadi lebih mudah rusak. Karena hal tersebut, mobil Anda bisa saja menjadi tidak bisa digunakan.

Membuat Kinerja Tidak Optimal

Sparepart palsu dibuat oleh perusahaan di luar perusahaan yang membuat mobil. Hasilnya sparepart belum tentu sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh mesin. Kualitasnya yang kurang baik juga bisa membuat kinerja tidak optimal. Contohnya jika Anda membeli rem mobil palsu, maka bisa saja rem tersebut terasa berat saat ditarik, mengeluarkan bunyi, kurang berfungsi, dan lain sebagainya.

Berisiko Menyebabkan Kecelakaan

Risiko menggunakan sparepart palsu yang terakhir sangat membahayakan. Pasalnya sparepart palsu yang tidak berfungsi dengan baik berisiko menyebabkan kecelakaan. Contohnya jika Anda membeli rem palsu yang kurang pakem. Bayangkan apa yang terjadi ketika menggunakannya di jalanan langsung? Oleh sebab itu, sparepart harus menggunakan yang asli bukan yang palsu.

Itulah deretan risiko yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan sparepart Mitsubishi palsu. Lalu bagaimana memastikan sparepart yang dibeli asli? Pastikan Anda melakukan pembelian di dealer resmi. Rekomendasi dealer yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Lautan Berlian.

Dealer resmi satu ini menawarkan layanan lengkap mulai dari sales, service, dan sparepart. Anda juga bisa membeli paket SMART sparepart untuk mobil-mobil tertentu. Informasi mengenai layanan yang ditawarkan oleh dealer Lautan Berlian bisa dilihat di website resminya yaitu www.lautanberlianku.co.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian

Inilah Kandungan Lactogrow 3 Vanila Untuk Tumbuh Kembang Anak

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting