5 Cara Menjadi Mahasiswa di Best University in Indonesia

Semua orang pasti ingin kuliah di universitas terbaik atau best university in Indonesia. Pasalnya kuliah di universitas terbaik memberikan banyak keuntungan mulai dari kualitas pendidikan terjamin, akreditasi tinggi, bergengsi, hingga lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Selain itu, universitas terbaik juga menawarkan fasilitas lengkap untuk meningkatkan proses belajar mahasiswa.

Universitas Indonesia atau yang juga dikenal dengan nama UI merupakan kampus terbaik di Indonesia versi THE (The Higher Education) World University Ranking. Kampus yang berada di Jakarta dan Depok ini sudah beberapa tahun terakhir menyandang status sebagai kampus terbaik di Indonesia versi THE. 

Untuk lulusan sekolah menengah yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana atau diploma, setidaknya ada 5 jalur masuk yang bisa diikuti. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang magister dan doktor bisa masuk melalui SIMAK. Berikut ini adalah 5 jalur masuk yang ditawarkan untuk Anda:

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur masuk pertama yang ditawarkan oleh Kampus Perjuangan ini adalah SNMPTN. Sayangnya tidak semua siswa bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN. Sekolah yang akreditasinya A bisa mengajukan 40% siswa terbaik, akreditasi B mengajukan 25% siswa terbaik, dan akreditasi C mengajukan 5% siswa terbaik.

Jalur SNMPTN sendiri adalah jalur undangan yang membutuhkan nilai raport, dokumen pendukung, serta portofolio. Selain memenuhi kuota sesuai akreditasi, siswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang lulus di tahun sama dengan penyelenggaraan SNMPTN.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Berbeda dengan SNMPTN yang memiliki kuota di setiap sekolah, SBMPTN memberikan peluang kepada semua siswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri. Jadi semua siswa boleh mendaftar karena tidak ada kuota undangan seperti SNMPTN.

Siswa akan memilih jurusan dan perguruan tinggi negeri favoritnya. Kemudian mereka harus mengerjakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah siswa yang lulus di tahun yang sama hingga alumni dua tahun sebelumnya.

PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar)

PPKB merupakan jalur masuk yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin mengambil program vokasi (D3 dan D4) serta kelas paralel S1. Jalur masuk PPKB sama halnya dengan SNMPTN yang tidak melalui UTBK atau ujian tulis.

Akan tetapi, tidak semua jurusan bisa masuk melalui PPKB. Selain itu, jalur ini juga tidak bisa diikuti oleh semua sekolah. Hanya sekolah atau institusi yang diundang saja yang bisa mendaftarkan siswanya.

Talent Scouting

Talent scouting juga termasuk jalur khusus untuk menerima mahasiswa khusus. Jalur ini terbuka untuk kelas internasional S1 yang masuk ke program single degree ataupun double degree. Seleksi mahasiswa di kelas tersebut juga tidak melalui UTBK. Namun jadwalnya sesuai dengan ketentuan kampus, jadi Anda harus selalu update.

SIMAK (Seleksi Mandiri)

SIMAK atau seleksi mandiri merupakan kesempatan terakhir untuk Anda yang ingin kuliah di kampus terbaik. Semua jenjang dan program pendidikan bisa mendaftar melalui jalur masuk ini mulai dari vokasi, S1 reguler, S1 paralel, S1 internasional, magister, sampai doktor. SIMAK sama seperti SBMPTN yang harus melalui ujian tulis terlebih dahulu untuk diterima sebagai mahasiswa baru.

Itulah 5 cara menjadi mahasiswa universitas terbaik atau best university in Indonesia. Agar bisa lulus ujian, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jangan lupa selalu update informasi pendaftaran karena ujiannya bisa berbeda di setiap jenjang pendidikan. Update informasi penerimaan mahasiswa baru bisa dilihat di website www.ui.ac.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya