Tips Memperkenalkan Makanan Bayi Sesuai Usia

ASI atau Air Susu Ibu adalah sumber gizi utama anak hingga usianya 6 bulan. Setelah 6 bulan, Si Kecil membutuhkan makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan istilah MPASI. Beberapa tanda Si Kecil sudah siap mendapatkan makanan bayi yaitu tertarik dengan makanan, bisa duduk tegak, bisa mempertahankan kepalanya. Anda bisa memperkenalkan makanan padat sesuai usia dengan tips berikut ini:

Usia 6-8 Bulan

Anak usia 6-8 bulan biasanya sudah bisa duduk dalam jangka waktu lama. Anda bisa menyiapkan kursi khusus dengan pengaman selama Si Kecil makan. Jika Si Kecil baru mendapatkan makanan padat pertamanya, pastikan makanan tersebut lembut dan halus agar mudah dicerna.

Perkenalkan makanan sehat seperti buah dan sayur dalam bentuk bubur lembut. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan bergizi lain seperti kedelai, kacang merah, kacang panjang, dan lain-lain.

Sedangkan porsi yang bisa diberikan pada Si Kecil yaitu 1 sendok teh sebanyak 2-3 kali sehari. Lalu tingkatkan sesuai usianya menjadi ¼ hingga ½ cangkir. 

Usia 8-10 Bulan

Tekstur makanan bayi 8-10 bulan masih halus namun tidak selembut makanan padat pertamanya. Pada usia ini, Si Kecil sudah bisa mendapatkan sereal ataupun bubur dengan tekstur lebih kasar. Ketika memasuki usia 9 bulan Si Kecil biasanya sudah bisa menggenggam dan memasukan makanan ke dalam mulut.

Porsi makan yang bisa diberikan pada bayi 8-10 bulan yaitu ¾ hingga 2 cangkir buah dan sayur dan ¼ hingga ½ cangkir sereal. Frekuensi pemberiannya masih sama dengan tahapan usia sebelumnya yaitu 2-3 kali per hari.

Usia 10-12 Bulan

Menjelang usia 1 tahun, bayi mampu mengonsumsi makanan yang lebih beragam. Anda bahkan bisa memberikan makanan dengan potongan kecil agar Si Kecil belajar mengunyah. Namun porsi makanan yang diberikan pada bayi 10-12 bulan tidak jauh berbeda dengan bayi usia 8-10 bulan.

Itulah tips memperkenalkan makanan bayi sesuai usia Si Kecil. Ada dua jenis makanan yang bisa Anda berikan yaitu makanan homemade atau MPASI instan. Jika membutuhkan MPASI instan, Anda bisa memilih Nestle Cerelac. Cerelac Bubur Sereal dan Cerelac Bubur Sereal Susu adalah produk MPASI untuk anak mulai usia 6 bulan. Beberapa pilihan rasa yang tersedia yaitu pisang, ayam bawang, beras merah, kacang hijau, dan masih banyak yang lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya