Kenali Tahapan Tekstur MPASI untuk Si Kecil



Moms sudah pasti tau mengenai MPASI untuk si kecil. MPASI diperlukan untuk menunjang kecukupan nutrisi harian bagi si kecil. MPASI akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Ada beberapa tahapan tekstur mpasi yang harus moms perhatikan. Untuk bayi usia 6-12 bulan, tekstur yang cocok diberikan pada si kecil adalah makanan dengan tekstur halus, selanjutnya si kecil dapat diberikan MPASI dengan tekstur lebih kasar sesuai denganper kembangan kemampuan si kecil. Jenis tekstur MPASI ini meliputi pure, mashed, minced, chopped, fingger food, dan makanan keluarga sama dengan makanan yang biasa dimakan anggota keluarga lainnya. Perhatikan setiap perkembangan si kecil agar moms dapat mengetahui kapan si kecil siap naik tekstur MPASI selanjutnya.


Jenis-jenis Tekstur MPASI

MPASI diberikan pada si kecil dengan jenis tekstur MPASI yang sesuai dengan perkembangan kemampuan makan si kecil. Berikut ini jenis tekstur yang perlu moms ketahui:

1. Pure: makanan yang dihaluskan sampai menjadi bubur kental

2. Mashed: makanan yang dilumatkan hingga halus

3. Minched atau makanan yang dicincang halus

4. Chopped adalah makanan yang dicincang kasa

5. Fingger food atau makanan dengan ukuran sesuai kemampuan genggaman si kecil

6. Makanan keluarga yaitu makanan yang sama yang biasa dimakan oleh anggota keluarga

Pastikan tahapan tekstur mpasi yang moms berikan sudah sesuai dengan kemampuan makan si kecil. Jangan sampai si kecil tersedak karena moms memberikan MPASI dengan tekstur yang kurang tepat.




Pentingnya tekstur MPASI untuk Perkembangan Si Kecil

Tekstur MPASI bukan hanya sebatas untuk makanan supaya dapat ditelan dengan mudah oleh si kecil. Selain untuk si kecil supaya dapat menikmati makanannya, tekstur pada MPASI dapat membantu mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan anak untuk makan dengan baik dan aman. Setiap tahapan tekstur mpasi juga dapat menstimulasi oromotor si kecil dimana kemampuan mengunyah si kecil sebagai dasar proses bisa dilatih. Apabila si kecil sudah menunjukkan kematangan kemampuan oromotor tetapi tidak mendapatkan respon dari jenis dan tekstur makanan yang tepat, maka bisa jadi kemudian hari si kecil mengalami keterlambatan bicara. MPASI dengan tekstur yang tepat dapat moms dapatkan pada cerelac yang memiliki banyak pilihan untuk beragam jenis usia si kecil.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal

Pentingnya Protein untuk Perkembangan Otak Anak