Tips menggunakan uang digital yang aman


Uang elektronik pada saat ini menjadi salah satu jenis media transaksi yang paling sering digunakan. Kehadiran uang tersebut menjadikan semua orang bisa menikmati kemudahan saat melakukan transaksi pembayaran. Semua pengguna uang digital bisa memaksimalkan smartphone yang dimilikinya ketika akan membayar tagihan, cicilan hingga berbagai macam belanjaan online. Selain iti pada saat ini uang elektronik khususnya e-wallet bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima sejumlah uang dari berbagai macam rekening bank. Semua kemudahan yang bisa dirasakan oleh semua pengguna uang elektronik tersebut menjadi salah satu alasan mengapa uang berjenis elektronik banyak digemari saat ini.


Akan tetapi penggunaan uang digital bukannya tanpa risiko sama sekali, apabila semua penggunanya tidak menggunakannya secara bijak bisa saja akan menimbulkan kerugian khususnya secara finansial. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh semua pengguna uang elektronik agar bisa melakukan transaksi pembayaran yang aman. Tips yang pertama adalah pastikan kita memiliki uang digital yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan. Pada dasarnya ada dua jenis uang digital yang bisa dimiliki dan digunakan pada saat ini di antaranya adalah e-money dan e-wallet. E-money merupakan salah satu jenis uang digital yang berbentuk kartu di mana di dalamnya sudah tertanam sebuah chip. E-money bisa digunakan sebagai media pembayaran tol hingga untuk berbagai macam transaksi pembayaran melalui mesin edc.



Jenis kedua uang digital yang bisa kita miliki dan digunakan untuk berbagai macam transaksi adalah e-wallet. Uang digital ini berbentuk server based di mana semua penggunanya harus memiliki akses dan terkoneksi terlebih dahulu dengan server penerbit. E-wallet memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih beragam di antaranya jumlah saldo yang  disimpan bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan e-money dan mampu menjadi media pembayaran non tunai tanpa melalui mesin edc seperti membayar cicilan, tagihan hingga belanjaan online. Tips penggunaan uang elektronik yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan keamanan akses uang elektronik yang kita miliki salah satunya dengan menggunakan pin maupun password yang hanya bisa diakses oleh pengguna hingga e-money yang kita miliki harus bisa disimpan dengan baik agar tidak mudah untuk disalahgunakan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Kenali Input ASI Serta Berbagai Manfaatnya Untuk Anak Dan Bunda

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian