Tips Siapkan Hantaran Lamaran Pernikahan

Sesuai adat istiadat yang secara umum dianut oleh masyarakat Indonesia, prosesi lamaran pernikahan identik dengan hantaran. Selain cincin, barang-barang untuk hantaran wajib diperhatikan pihak mempelai laki-laki. Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana menyiapkan hantaran, yuk simak tips berikut ini.

Pentingnya Mempersiapkan Hantaran dalam Prosesi Lamaran

Prosesi lamaran merupakan bentuk nyata dari sebuah keseriusan dalam hubungan sebelum menginjak prosesi pernikahan. Dalam prosesi tersebut, pihak keluarga calon mempelai pria mendatangi keluarga calon mempelai wanita untuk meminang. Nah, dalam berlangsungnya prosesi tersebut, tidak mungkin pihak pria datang dengan tangan kosong. Dari sinilah, pentingnya arti seserahan bagi kedua belah pihak. Biasanya, seserahan ini terdapat pada tradisi Jawa. 

Kebanyakan, seserahan berisi produk-produk atau barang-barang yang bermanfaat untuk sang mempelai wanita. Seperti make-up, peralatan mandi, skincare, baju dan pakaian dalam, tas, sepatu, dan lain-lain. 

Namun, dalam tradisi Jawa terdapat beberapa aturan khusus yang sebaiknya dilakukan dalam mempersiapkan hantaran. Seperti menyertakan pisang sanggan, sejumlah uang, jadah dan wajik, buah-buahan yang jumlahnya harus ganjil, mulai dari 3, 7, 9, 11, 13, dan seterusnya. Konon, masyarakat Jawa percaya bahwa bilangan ganjil melambangkan keindahan. 

Tips Mempersiapkan Hantaran untuk Lamaran


Siapkan Budget Khusus untuk Membeli Barang Seserahan

Setelah membuat daftar barang-barang apa saja yang akan dipilih, siapkan anggaran untuk membeli barang-barang tersebut. Tidak perlu memaksakan untuk membeli barang-barang yang mewah dan mahal agar hantaran terlihat lebih baik. Inilah fungsinya membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sesuai dengan budget yang ada.

Pastikan Berisi Barang-Barang Berguna dan Bermanfaat

Barang-barang yang digunakan untuk seserahan merupakan barang yang berkaitan dengan calon pengantin wanita. Misalnya produk kecantikan, baju, tas, sepatu, dan lain-lain. Namun, untuk menghindari terjadinya pemborosan, pilihlah barang yang tidak hanya diinginkan semata, namun juga dibutuhkan calon mempelai wanita. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari barang-barang yang justru tidak terpakai sia-sia karena tidak pernah digunakan dan tidak bermanfaat bagi calon mempelai wanita. Untuk itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk membuat daftar barang apa saja yang sekiranya perlu untuk dijadikan hantaran. Jangan ragu untuk mendiskusikan ini dengan pasangan, ya.

Hias Seserahan agar Tampil Cantik saat Dibawa

Nilai estetika wajib diperhitungkan untuk menghormati calon mempelai dan keluarga yang menerima seserahan tersebut. Agar seserahan makin cantik, hias dengan wadah yang bagus. Jika terlalu berat untuk membeli, Anda bisa menyewanya. Saat ini, banyak jasa yang menyewakan kotak hantaran. Bahkan mereka memiliki pilihan tema, warna, bahan, hingga ukuran kotak yang bervariasi. Namun, jika Anda tidak mau repot, gunakanlah jasa pembuat hantaran. Sekarang, sudah banyak orang yang menawarkan jasa pembuat hantaran dengan biaya murah namun hasilnya indah di media sosial. 

Tentukan Tema Hantaran yang Sesuai dengan Selera

Dalam prosesi lamaran pernikahan, tentu saja Anda ingin hantaran yang dibawa terlihat cantik. Maka, sesuaikanlah hantaran dengan tema prosesi lamaran Anda. Misalnya, dekorasi dan pakaian yang serba putih, maka seluruh hiasan hantaran juga dibuat berwarna putih. Selain hanya mempercantik, kesesuaian tema juga dapat menjadi bentuk keseriusan dalam menyiapkan prosesi lamaran.

 Kesesuaian tema dapat dilakukan pada berbagai aspek. Misalnya, pada bentuk yang unik, warna yang sesuai, dan pernak-pernik yang cantik disesuaikan dengan tema acara lamaran. 

Nah, itulah beberapa tips mempersiapkan hantaran dalam prosesi lamaran pernikahan. Tidak perlu mewah untuk bisa indah. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Kenali Input ASI Serta Berbagai Manfaatnya Untuk Anak Dan Bunda

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian