Rahasia Merawat Perhiasan Berlian Asli Agar Tetap Cemerlang

Perhiasan Berlian Asli

Diantara sekian banyaknya barang berharga, mungkin perhiasan berlian asli masuk dalam wishlist pertama. Ya, berlian merupakan batu mulia yang tidak hanya bernilai dari segi harga, tapi juga prestise dan makna. Tak hanya itu, berlian merupakan batu paling keras di muka bumi. Bayangkan saja, hanya berlian yang mampu memotong dan menghancurkan jenis batu lainnya, dan hanya berlian yang mampu memotong berlian. 

Sayangnya, karena memiliki daya magnet yang kuat, perhiasan berlian jadi mudah kotor karena paparan debu, noda, dan lainnya. Jadi agar tampilannya tetap cemerlang, Anda mesti cek rahasia merawat perhiasan berlian berikut ini!



Jangan Disentuh


Jika Anda ingin agar presentasi perhiasan berlian asli tetap memukau, maka Anda mesti menjauhkan jari jemari Anda dari permukaan berlian. Mengapa? Karena berlian memiliki karakteristik menyedot partikel-partikel dan melekat dengan mudah. Pastikan Anda tidak memegangnya, jika tidak terlalu diperlukan. Selain itu, sebaiknya jauhkan perhiasan berlian dari kemungkinan terkena partikel-partikel, misalnya jauhkan dari paparan kipas angin, daerah berdebu, dan lainnya. 

Rutin Bersihkan Perhiasan Berlian 


Karena mudah kotor, maka prinsip utama untuk mencemerlangkan berlian yaitu dengan membersihkannya secara rutin. Jika Anda ingin tampilannya tetap memukau, maka dalam sehari, bersihkan minimal sekali. Caranya sangat mudah kok, tinggal celupkan berlian kedalam mangkuk berisi cairan pembersih. 

Jangan lupa, jika kotorannya cukup banyak dan melekat, sebaiknya setelahnya disikat dengan sikat lembut. Pastikan bahwa sikat masih baru ya. Jangan sampai menggunakan sikat yang sudah dipakai karena justru membuat berlian jadi kotor lagi. Sikat secara perlahan hingga kotoran terlepas semua dari permukaan perhiasan. 

Bersihkan Frame Dengan Lembut 


Tak hanya bagian berliannya, Anda 'pun mesti fokus membersihkan bagian frame dari perhiasan. Nah setting rangka perhiasan berlian lama, biasanya menggunakan prong yang sangat ringkih. Itulah mengapa Anda mesti membersihkannya dengan lembut. Jangan sampai terlalu kasar karena dapat merusak prong, sehingga kemungkinan berlian jatuh sangat tinggi. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gunakan sikat baru yang lembut, lalu gosok-gosok perlahan pada bagian prong. Sebelumnya, sedikit celupkan sikat kedalam cairan pembersih. Lalu lap dengan kain lembut tak berserat. 

Jangan Sembarangan Memakai Cairan Pembersih


Tak semua cairan pembersih cocok untuk membersihkan perhiasan berlian. Anda harus menghindari cairan pembersih yang mengandung klorin. Bahan kimia seperti klorin dapat merusak permukaan berlian. Selain itu jangan gunakan cairan pembersih yang bertekstur karena dapat merusak permukaan berlian. Gunakanlah cairan pembersih non-klorin dan juga tidak bertekstur. Selain itu jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol. 

Gunakan Mesin Pembersih Ultrasonic


Adakalanya cairan pembersih dan sikat saja tidak cukup untuk membersihkan perhiasan berlian. Terkadang kotoran sudah terlalu banyak sehingga sulit untuk dibersihkan dengan cara sederhana. Apalagi jika terdapat bulu-bulu yang menempel pada bagian prong, sehingga sulit untuk dibersihkan. Nah solusinya yaitu dengan menggunakan mesin pembersih ultrasonic. 

Mesin ini menggunakan teknologi gelombang suara rendah yang digabungkan dengan cairan pembersih sehingga bisa mengikis kotoran paling bandel sekalipun. Namun Anda mesti berhati-hati saat membersihkannya. Sebaiknya Anda periksa dulu perhiasan berlian Anda, bisa sendiri atau lewat pakar perhiasan. Setelah aman, baru deh Anda bisa membersihkannya.

Nah itulah rahasia merawat perhiasan berlian asli, cukup mudah bukan? O ya bagi Anda yang butuh perhiasan berlian, Anda bisa membelinya lewat Mondial & Miss Mondial. Banyak sekali produk yang bisa Anda beli, salah satunya yaitu The Forevermark Bridal Collection.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Jual Apartemen Tangerang Agar Cepat Laku

Tips Menjalankan Cara Kerja QNET Agar Sukses

Isi Saldo Rekening Menggunakan Promo dari Jenius