5 Cara Membedakan Kalung Berlian Asli dan Imitasi untuk Pemula



Berlian memang menjadi idaman semua orang. Bahkan banyak yang rela menabung dan merogoh kocek dalam-dalam untuk mewujudkan impian memiliki perhiasan berlian. Namun, Anda harus tahu bagaimana cara membedakan kalung berlian asli dan imitasi saat akan membelinya. Pasalnya, masih banyak kalung-kalung palsu yang terlihat sangat identik dengan kalung asli di mata pemula. 

5 Cara Membedakan Kalung Berlian Asli dan Imitasi

Berikut ini beberapa cara membedakan kalung asli dan imitasi yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Mikroskop

Cara pertama yaitu memanfaatkan mikroskop untuk membantu melihat detail dari kalung berlian. Anda bisa meletakkan berlian di bawah mikroskop. Lalu, cobalah balik berlian menggunakan pinset sambil tetap mengamatinya. Berlian palsu atau imitasi biasanya akan mengeluarkan kilauan berwarna jingga saat terkena cahaya. Lakukan pembesaran sampai 1200 kali untuk hasil lebih detail.

2. Tes Stempel

Kalung berlian menggunakan logam yang berkualitas. Oleh sebab itu, Anda bisa mengecek keasliannya melalui logam tersebut. Logam emas ali menggunakan stempel 10K, 18K, 750, 950, dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya ada tulisan PT, sementara berlian palsu menggunakan logam dengan tulisan CZ atau cubic zirconia

3. Meletakkan Berlian di Atas Buku

Jika kalung berlian Anda tidak menggunakan logam di bagian belakang, Anda bisa mengecek dengan teknik satu ini. Caranya yaitu letakkan berlian di atas buku atau koran. Lalu perhatikan apakah ada tulisan di buku yang terlihat melalui berlian. Berlian tidak memantulkan cahaya sehingga Anda tidak akan melihat tulisan di baliknya.

4. Menggunakan Timbangan dengan Sensitivitas Tinggi 

Cara membedakan kalung berlian asli dan imitasi selanjutnya yaitu melakukan penimbangan dengan sensitivitas tinggi. Cubic zirconia yang merupakan imitasi berlian biasanya memiliki berat 55% lebih tinggi dari berlian asli. Jadi, jika Anda membeli berlian berat dengan harga yang sangat murah, maka bisa jadi berlian tersebut imitasi.

5. Melihat Sertifikat Berlian

Cara paling mudah dan akurat untuk melihat keaslian berlian yaitu melalui sertifikat. Setiap berlian asli memiliki sertifikat bertaraf nasional maupun internasional. Coba perhatikan sertifikat tersebut dan cek keasliannya. Di sertifikat ada nomor atau seri unik, cek nomor seri tersebut di website resmi GIA (Gemological Institute of America) untuk mengetahui keasliannya.

Inilah Kalung Berlian dengan Jaminan Keaslian

Cara terbaik untuk menghindari kalung berlian palsu yaitu mencari toko kredibel dan terpercaya. The Palace Jeweler adalah toko kredibel dan terpercaya dengan jaminan sertifikat. Berikut beberapa kalung berlian yang bisa Anda pilih:

1. Kalung Moela 

Kalung Moela merupakan salah satu kalung asli dan terjangkau dari brand satu ini. Ada beberapa model yang ditawarkan, salah satunya yaitu kalung solitaire dengan satu berlian round cut di bagian tengah. Warnanya yang putih membuat kalung ini terlihat elegan dan minimalis.

2. Kalung Kasmaran

Ingin kalung yang terjangkau tapi tetap unik? Pertimbangkan kalung berlian Kasmaran. Kalung ini memiliki detail yang unik karena terinspirasi dari batik Kawung. Ada beberapa pilihan model yang semuanya menggunakan detail Kawung. Selain unik, kalung ini juga memiliki filosofi tinggi. 

3. Kalung RASI

Terakhir, kalung dari koleksi mewah yaitu RASI. Koleksi ini menggunakan banyak berlian yang menampilkan keindahan layaknya rasi bintang di langit. Ada beberapa pilihan model seperti bentuk bunga, buah pir, hati, oval, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai cara membedakan kalung berlian asli dan palsu. Jika mencari kalung lain dari The Palace Jeweler, Anda bisa datang langsung ke gerainya. Pilih kalung favorit Anda sekarang juga!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal