3 Cara Menghitung Usia Kehamilan Termudah



Ada beberapa metode yang sebenarnya bisa Anda pilih sebagai cara menghitung usia kehamilan. Anda juga bahkan bisa menghitungnya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter kandungan. Hanya saja, Anda harus bisa menghitungnya secara tepat dan akurat berdasarkan data yang sudah Anda perhitungkan sebelumnya.

Setidaknya ada 3 metode yang kini umum digunakan sebagai cara untuk menghitung usia kehamilan. Berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda 3 cara tersebut agar bisa mengetahui usia kehamilan Anda saat ini.

1.  Hitung Usia Kehamilan dengan Metode HPHT

Cara pertama dan merupakan cara yang sudah ada sejak lama yaitu dengan metode HPHT, atau yang dikenal dengan kepanjangan Hari Pertama Haid Terakhir. Cara ini adalah metode yang bisa Anda hitung sendiri dengan rumus tertentu.

Sebagai informasi, pembuahan yang menyebabkan terjadinya kehamilan akan terjadi sekitar 11 hingga 21 hari sesudah hari pertama haid terakhir. Setelah itu, Anda bisa mengetahui kapan menstruasi terakhir dengan rumus menambahkan satu tahun, tambah tujuh hari, lalu mundurkan tiga bulan.

2.  Berdasarkan Ovulasi

Jika cara menghitung di atas menurut Anda susah, maka bisa coba dengan berdasarkan tanggal ovulasi. Untuk menentukan usia kehamilan, Anda bisa melakukan dengan cara menghitung dari tanggal ovulasi atau pelepasan sel telur.

Ovulasi terjadi sekitar 2 minggu sesudah hari pertama haid. Cara menghitung usia kehamilan ini adalah salah satu cara yang tergolong akurat. Akan tetapi, untuk mengetahui kapan ovulasinya tergolong sulit.

3.  Melalui Cara Ultrasonografi

Bagi yang tidak ingin menghitung, Anda bisa langsung saja datang ke dokter kandungan. Periksakan diri Anda dengan USG kehamilan agar penghitungannya jauh lebih akurat dan lebih mudah.

Anda bisa melakukan USG a4 kali yaitu pada trimester awal, trimester kedua, dan dua lagi pada trimester akhir. Cara ini bisa membantu Anda juga untuk mengetahui kondisi kesehatan janin di dalam kandungan.

Setelah memastikan usia kandungan dengan menghitung usia kehamilan, lalu hasilnya positif, segeralah untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan si kecil. Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan popok bayi, MAKUKU SAP Diapers yang tersedia untuk bayi baru lahir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal