Tips Membuat Content Marketing yang Menarik dan Efektif

Membuat sebuah content marketing tidak hanya harus menarik saja, tapi juga harus efektif. Dua hal ini harus menyertai pembuatan konten pemasaran yang akan Anda aplikasikan pada berbagai platform yang Anda gunakan untuk pemasaran atau promosi bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan.

Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara membuat content marketing yang baik dan benar, di sini kami akan membantu Anda dengan sejumlah tips yang bisa membantu mengoptimalkan pembuatannya. Berikut ini kami sudah merangkum tipsnya di bawah ini.

1.    Membuat Tema Konten

Hal pertama yang harus Anda tentukan yaitu tema konten yang akan Anda buat. Seperti apa konsep tema yang akan Anda buat untuk konten yang akan Anda pilih. Contohnya seperti tema story telling, review produk, atau beberapa tema lainnya yang cocok untuk bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan.

Tema merupakan salah satu hal paling penting karena dengan menyusun tema di awal maka Anda tidak akan bingung menentukan konsep tema yang akan Anda kembangkan pada saat Anda membuatnya nanti.

2.    Memilih Jenis Konten

Saat ini ada beberapa konten yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya seperti konten berjenis video singkat, video panjang, konten berupa tulisan, gambar/foto, atau desain. Setelah membuat tema, silahkan pilih jenis konten yang akan Anda buat.

Masing-masing konten juga harus disesuaikan dengan platform yang nantinya akan Anda gunakan untuk mengunggah konten yang sudah Anda buat. Jadi silahkan Anda pertimbangkan secara matang dan mencocokkannya.

3.    Memilih Platform untuk Posting Konten

Sesuai dengan apa yang kami jelaskan sebelumnya, setelah Anda memilih jenis konten, selanjutnya Anda pilih platform yang ingin Anda gunakan untuk posting konten tadi. Ada beberapa platform yang biasa digunakan yaitu seperti website, blog, Youtube, Instagram, TikTok, dan masih banyak lainnya.

Pastikan konten yang Anda buat relevan dengan platform yang akan Anda gunakan. Contohnya, jika Anda membuat konten video singkat, maka platform yang cocok yaitu TikTok, Instagram Reels dan Facebook.

4.    Membuat Konten yang Menarik

Membuat konten yang menarik memang tidak bisa dilakukan dengan mudah, terutama bagi pemula. Anda harus mempelajari bagaimana jenis-jenis konten yang menarik dan banyak disukai agar konten yang dibuat bisa viral dan mendapatkan engagement yang tinggi sehingga bisa berdampak positif untuk bisnis Anda.

Anda bisa mencari referensi bagaimana cara membuat konten yang menarik dari konten-konten yang sudah ada. Namun pastikan agar Anda tidak meniru dari konten lain. Dengan mencari referensi dari konten lain, sedikit banyaknya Anda bisa mendapatkan ide konten yang terlihat menarik.

5.    Relevan dengan Bisnis Anda

Berikutnya, Anda juga harus membuat konten yang relevan. Poin ini merupakan tips agar konten yang Anda buat efektif untuk pemasaran dan promosi produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, konten Anda akan disukai oleh banyak orang dan juga tetap relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Contohnya, jika Anda berbisnis produk sepatu, Anda bisa membuat konten video singkat tentang review sepatu tertentu. Selain itu, juga bisa membuat konten relevan yang masih berkaitan dengan produk tersebut, yaitu seperti tips memilih sepatu branded original dan membedakannya dengan yang palsu atau KW.

Masih bingung bagaimana cara membuat content marketing yang menarik dan efektif? Kini Anda bisa bekerja sama dengan digital agency marketing yaitu Ideoworks. Dengan menggunakan layanannya, Anda bisa membuat konten yang menarik untuk bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal