Prospek Kerja Bagi Lulusan Kuliah Jurusan Ekonomi

Saat Anda memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan kuliah jurusan ekonomi, maka Anda akan mempelajari teori-teori yang ada dalam ilmu ekonomi, baik itu makro maupun mikro. Nah bagi Anda yang akan masuk kuliah tahun ini dan mengambil jurusan ekonomi, Anda juga perlu untuk mengetahui mengenai peluang atau prospek kerja setelah lulus dan mendapat gelar sarjana ekonomi nanti.

Sebagai jurusan yang paling banyak ditemukan di berbagai universitas, lulusan jurusan ekonomi memiliki kesempatan yang cukup besar kerja di berbagai instansi atau perusahaan. 

Nah, berikut kami hadirkan beberapa peluang dan prospek kerja bagi lulusan jurusan ekonomi.

Ekonom

Ekonom merupakan sebutan bagi para tenaga profesional yang ahli dan juga menguasai ilmu ekonomi. Ekonom bertugas untuk melakukan penelitian dalam memecahkan masalah ekonomi yang ada.

Karena tugasnya melakukan penelitian, biasanya profesi ini tidak jauh dari bidang akademik. Sebagai pilihannya, Anda bisa menjadi analis ekonom atau menjadi profesor di perguruan tinggi. 

Juru taksir

Juru taksir atau yang biasa disebut juga Appraiser memiliki tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari suatu properti. Selain properti, profesi ini juga biasanya bertugas untuk menetapkan pajak. 

Umumnya juru taksir dibutuhkan oleh perusahaan yang menawarkan jasa gadai, gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, lho! 

Pengajar bisnis

Berbekal ilmu yang dipelajari saat kuliah, setelah lulus nanti Anda bisa juga untuk menjadi lulusan bisa menjadi seorang pengajar bisnis, lho! Sesuai namanya, pengajar bisnis bertugas mengajar bisnis di suatu instansi pendidikan formal maupun non formal. 

Biasanya topik yang diajarkan adalah akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia hingga pemasaran.

Akuntan

FYI, Akuntansi termasuk salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Seorang yang menggeluti profesi ini biasanya disebut dengan akuntan. Tugas dari akuntan sendiri ialah menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk.

Semua perusahaan tentu membutuhkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan. Oleh karena itu, profesi ini bisa menjadi peluang besar bagi para lulusan jurusan ekonomi. Dari laporan dari akuntan, perusahaan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan dan juga bisa menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan-kebijakan. 

Analis manajemen bisnis

Analis manajemen bisnis memiliki tugas dalam menganalisa prosedur, desain sistem operasional serta sistem lainnya dalam suatu perusahaan/organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien. 

Beberapa yang termasuk pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisis program, konsultasi manajemen, dan analis bisnis.

Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak

Ketika Anda menjadi lulusan jurusan ekonomi, Anda juga berpeluang untuk bekerja sebagai pegawai pemerintahan di kantor-kantor pajak. Tugas dari posisi ini yaitu yang berkaitan dengan pajak, mulai dari memastikan pengisian dengan benar hingga menghitung besaran pajak yang dibebankan kepada individu atau perusahaan. 

Itulah dia beberapa prospek dan peluang besar yang bisa Anda manfaatkan ketika Anda menjadi seorang lulusan jurusan ekonomi. Bagaimana Anda tertarik untuk Kuliah di ini? Jika ya, Anda bisa memilih kuliah jurusan ekonomi di universitas terbaik yaitu Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan UI merupakan salah satu kampus terbaik yang berhasil melahirkan lulusan-lulusan yang juga terbaik dan menjadi tokoh penting tanah air. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1849 ini merupakan pionir inovasi dalam perkembangan dunia pendidikan guna menciptakan perubahan di masa depan. Jadi, bagi Anda yang ingin kuliah jurusan ekonomi, Universitas Indonesia tempatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal