Mengenal Fancy Color Diamond Pada Gelang Berlian Berkualitas



Kualitas gelang berlian yang ada di pasaran berbeda-beda, itulah sebabnya harganya juga berbeda-beda. Saat akan membeli gelang berlian berkualitas, Anda mungkin akan menemukan istilah fancy color diamond. Apa sebenarnya istilah fancy color tersebut? Fancy color adalah berlian dengan warna alami selain bening. 

Di dunia ini memang sebagian besar berlian berwarna bening. Bahkan tidak sedikit orang yang menyangka bahwa hanya ada berlian bening saja. Fancy color memang langka sehingga jarang ditemukan gelang berlian dengan warna selain bening. Jika pun ditemukan, harga gelang asli pastinya mahal.

Di bawah ini adalah deretan warna berlian asli selain bening yang bisa dijadikan sebagai penghias gelang berlian:

Berlian Merah

Berlian merah atau red diamond merupakan warna berlian paling langka dan mahal di dunia. Tidak ada campuran bahan lain yang membuat warnanya menjadi merah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli, berlian ini sama seperti berlian bening yang terbuat dari karbon murni. Masih menjadi perdebatan apa yang membuat warna berlian menjadi merah, namun banyak ahli menduga jika berlian terkena tekanan dan suhu panas sehingga merubah warnanya menjadi merah.

Berlian Kuning

Berlian kuning atau yellow diamond termasuk fancy color diamond yang langka namun masih banyak ditemukan di pasaran. Warna kuning dari berlian ini didapatkan karena unsur nitrogen di dalamnya. Semakin banyak kandungan nitrogen, warna berlian akan menjadi semakin kuning. Unsur nitrogen dalam berlian akan menyerap cahaya biru lalu terbentuklah berlian berwarna kekuningan. Selain dijadikan sebagai gelang, berlian kuning juga sering dijadikan sebagai cincin mewah dan cantik.

Berlian Hitam

Berlian hitam atau black diamond merupakan fancy color diamond dengan warna yang eksotis. Berdasarkan informasi dari GIA (Gemological Institute of America), tingkat inklusi yang tinggi membuat berlian berwarna hitam. Inklusi yang membentang di sepanjang batu berlian adalah hematite, pyrite, dan graphite. Warna terlihat benar-benar buram namun terlihat eksotis. Harga black diamond lebih terjangkau dibandingkan fancy color diamond lainnya.

Berlian Oranye

Unsur yang dimiliki oleh berlian oranye mirip dengan yang dimiliki oleh berlian kuning. Jadi warna oranye pada berlian juga diakibatkan adanya campuran unsur nitrogen. Bedanya berlian kuning dengan berlian oranye adalah adanya pengelompokkan atom saat proses pembentukan alaminya. Susunan pada berlian oranye dikenal dengan istilah hyper-specific yang menyerap warna biru dan kuning sehingga muncul warna oranye.

Berlian Ungu

Batu permata ungu identik dengan batu amethyst atau kecubung. Namun ternyata berlian juga memiliki warna indah ini. Unsur tambahan yang ada pada berlian ungu adalah boron dan hidrogen. Kedua unsur itulah yang menyebabkan berlian berwarna ungu. Selain itu, tekanan yang tinggi juga mempengaruhi kemunculan warnanya. Ada tiga jenis warna dari berlian ungu yaitu fancy light, fancy, dan fancy intense.

Berlian Merah Muda

Fancy color diamond terakhir yang biasa digunakan pada gelang berkualitas adalah berlian merah muda. Berlian satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi karena digunakan oleh berbagai perhiasan berlian mewah seperti cincin, anting, termasuk gelang. Warna merah muda diduga berasal dari guncangan seismik, suhu panas, dan tekanan ekstensif. Sebagai berlian yang langka, harga gelang dengan berlian merah muda sangat fantastis.

Itulah deretan fancy color diamond yang mungkin akan Anda temukan pada gelang berlian berkualitas yang dibeli. Ingin mendapatkan gelang yang menawan sekaligus berkualitas. Mondial Jeweler adalah tempat yang tepat. Beragam model dengan batu berlian cantik bisa meningkatkan penampilan Anda. Lihat koleksi gelang milik Mondial Jeweler di website www.mondialjeweler.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Inilah Kandungan Lactogrow 3 Vanila Untuk Tumbuh Kembang Anak