Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Berlian di Toko Berlian Terbaik



Perhiasan berlian merupakan barang mewah dan juga spesial, tentu saja ini diperuntukkan bagi orang yang spesial bagi Anda atau bahkan Anda merupakan kolektor perhiasan mahal. Apabila benar begitu jelas Anda tidak boleh asal memilih sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Meskipun Anda membelinya di toko berlian terbaik, tetap saja Anda perlu teliti dalam memilih sebuah berlian.


Lalu bagaimana caranya memilih berlian yang benar? Apa saja hal yang harus diperhatikan?


Pada dasarnya terdapat 4 karakter utama pada berlian yang harus Anda perhatikan sebelum memilih berlian pada toko berlian terbaik yang Anda pilih. Dengan mengetahui 4 karakteristik berlian di bawah ini maka dapat mempermudah Anda untuk memilih beragam berlian yang tersedia. Anda cukup mengunjungi Mondial Jeweler, tempat berbagai macam perhiasan berlian yang bisa Anda pilih sendiri dan menjadi solusi ketika Anda bingung untuk menentukan kemana harus membeli perhiasan berlian.


  1. Warna (color)

Warna berlian akan mempengaruhi keindahan dan nilai harga jual dari berlian tersebut. Berlian merupakan karbon yang mengalami proses pemampatan sehingga menjadi sebuah batuan. Namun, seringkali terdapat unsur atau zat lain yang masuk ke dalam karbon selama proses pembatuan. Misalnya, nitrogen yang tercampur pada proses pembatuan berlian maka akan menimbulkan warna kekuningan atau kristal lain yang membuatnya menjadi kecoklatan.

Hal ini membuat berlian dengan warna jernih atau tanpa adanya campuran warna lain menjadi berlian yang paling langka dan menjadi paling mahal pula. GIA (Gemological Institute of America) membuat skala atau tingkatan warna berlian mulai dari D hingga Z. Bagi berlian dengan jejak warna yang sedikit maka tergolong berlian D. sedangkan berlian dengan jejak warna yang banyak tergolong sebagai berlian tingkat Z.

  1. Kejernihan (clarity)

Anda juga harus memperhatikan tingkat kejernihan pada batu mulia satu ini. Berlian tidak luput dari cacat atau noda yang dapat mempengaruhi tingkat kejernihan sebuah berlian. Cacat dalam hal ini dapat berupa goresan, atau pun kecacatan lainnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa ukuran cacat pada berlian tersebut dan seberapa banyak cacat pada berlian. Semakin banyak cacat pada berlian akan mempengaruhi nilai harga jualnya. GIA juga memberikan tingkatan pada kejernihan berlian sebagai berikut:

  • FL (flawless) tidak adanya cacat pada berlian.

  • IF (internally flawless) yang merupakan berlian tanpa cacat, tetapi terdapat bekas tanda di luar berlian yang hanya bisa dilihat dengan alat khusus.

  • VVS (very very slightly included) atau cacat pada bagian dalam berlian dan hanya dapat melihatnya dengan menggunakan teropong berlian.

  • VS (very slightly included) merupakan cacat pada bagian dalam berlian yang tidak terlihat apabila hanya dengan mata telanjang.

  • Included merupakan tingkat terendah yang ada pada berlian sebab terlihat cacat pada berlian hanya dengan menggunakan kaca pembesar atau bahkan terdapat cacat yang besar atau banyak sehingga terlihat dengan mata telanjang.

  1. Karat (carat)

Karat sebagai pengukur berlian merupakan massa satuan setara dengan 0,2 gr. Berbeda dengan ukuran emas yang menggunakan karat sebagai nilai kemurniannya, pada berlian apabila nilai karatnya semakin tinggi maka semakin mahal pula harga jual berlian tersebut dan tentunya berlian dengan karat yang tinggi pun juga memiliki bentuk yang lebih besar. Namun, hal ini tidak menjadi satu-satunya tolak ukur pada berlian karena terdapat juga nilai kejernihan dan warna.

  1. Potongan (cut)

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan potongan pada berlian sebab banyak yang berpendapat bahwa potongan pada berlian merupakan yang paling penting diantara pertimbangan karakteristik berlian lainnya. Potongan berlian dapat menentukan pantulan cahaya yang juga dapat menghasilkan kecemerlangan tertentu.

Berlian dengan potongan yang tepat dan bagus dapat menghasilkan potongan cahaya yang cemerlang meskipun tingkat kejernihan dan warnanya tidak terlalu bagus dan begitu juga sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal