Apa Itu Periklanan? Dan Jenis-Jenisnya

Iklan merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk atau jasa seseorang menggunakan media tertentu. Iklan sendiri memiliki tujuan untuk mengenalkan bisnis yang dijalani kepada seluruh masyarakat. Pada umumnya, periklanan sendiri mengandung sebuah pesan yang disampaikan ke seluruh orang.

Iklan dapat diartikan sebagai sebuah pesan yang disampaikan ke seluruh orang dan bertujuan untuk mempengaruhi orang tersebut dan mengajaknya untuk membeli produk yang kita promosikan. Periklanan sendiri sering Anda lihat di berbagai media seperti televisi, sosial media, baliho, majalah, dan lain sebagainya.

Sebelum Anda mulai mengiklankan bisnis yang dijalankan, Anda perlu mengetahui jenis-jenis dari iklan itu sendiri. Lalu apa saja jenis iklan itu? Berikut ini penjelasannya.

Iklan Sosial Media

Jenis iklan satu ini tentu sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Pada era modern ini, seluruh orang lebih mengandalkan sosial media untuk mengiklankan produk atau jasa mereka. Hal tersebut selain lebih efisien, mengiklan di sosial media akan memberikan peluang pasar yang lebih luas. Beriklan di sosial media sudah cukup beragam, seperti instagram, facebook, hingga web dapat Anda gunakan.

Anda sendiri tentu mengetahui bahwa sosial media dapat dikunjungi oleh setiap orang di setiap penjuru dunia. Dengan mengiklankan produk atau jasa Anda menggunakan sosial media, produk Anda akan berpeluang dikunjungi oleh banyak orang sehingga penjualan akan semakin meningkat.

Iklan Media Cetak

Iklan jenis media cetak ini merupakan salah satu iklan yang sudah lama dikenal orang. Dahulunya iklan media cetak ini menjadi salah satu iklan yang sangat populer sebelum dikenalnya sosial media. Iklan media cetak ini dapat berupa baliho, pamflet, brosur, koran, hingga poster.

Setiap jenis iklan tentu memiliki keunikan dan kemenarikan tersendiri. Hal tersebut kembali lagi kepada Anda yang akan menentukan jenis iklan mana yang akan Anda pilih untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan menggunakan media cetak, Anda dapat menjangkau banyak pelanggan disekitar Anda dengan cara menyebar brosur ataupun menempelkan poster hingga baliho dengan konsep yang unik serta menarik.

Ketika Anda ingin menggunakan iklan jenis ini, pastikan Anda telah memahami mengenai kekurangan hingga kelebihan dari iklan jenis media cetak ini. Karena iklan ini berupa media cetak, Anda dapat mendesain tema iklan Anda dengan matang agar dapat menarik dan akhirnya mengundang pembeli untuk mengunjungi bisnis Anda.

Iklan Elektronik

Iklan jenis ini merupakan salah satu iklan yang sudah lama dikenal oleh banyak orang. Sebelum adanya iklan jenis sosial media, iklan elektronik sangat digencarkan untuk mempromosikan bisnis. Iklan elektronik ini biasanya dapat berupa iklan radio dan juga iklan televisi. Iklan jenis ini juga mampu menjangkau banyak orang karena siaran televisi maupun radio memiliki jangkauan yang sangat luas.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan iklan jenis elektronik ini, Anda perlu merogoh kocek yang cukup banyak, pasalnya selain untuk membayar biaya iklan Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah video iklan tersebut. Namun, keuntungan yang didapat pun akan besar juga ketika Anda mampu mendesain konsep marketing yang menarik banyak pembeli.

Nah itulah beberapa jenis periklanan yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui setiap jenisnya, maka Anda dapat memilih menggunakan jenisnya seperti apa. Anda juga dapat menggunakan jasa marketing dari IDEOWORKS untuk menentukan dan mengkonsepkan iklan yang menarik sehingga Anda tidak perlu pusing dalam menentukan strategi pemasaran untuk bisnis Anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal