Tips Agar Bisa Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu Tiap Bulan

Tidak dapat dipungkiri kalau setiap bulan pasti ada saja tagihan yang harus dibayar selain BPJS, mulai dari tagihan listrik, pulsa pascabayar, telepon, air, hingga cicilan rumah atau kendaraan. Hal itu tidak boleh Anda abaikan, karena bisa menjadi bumerang jika tidak dibayar tepat waktu. Lalu, bagaimana tips jitu agar bisa bayar BPJS Kesehatan tepat waktu?

Membayar tagihan tepat waktu bukan menjadi masalah besar bagi mereka yang bisa mengatur keuangan dengan baik. Tapi akan menjadi salah satu tantangan bagi pemula yang mungkin baru merasakan harus membayar tagihan setiap bulan.

Bagaimana Tips Bayar BPJS Kesehatan Tepat Waktu?

Sebagai pemula, Anda tetap bisa menghemat dan membayar seluruh tagihan dengan tepat waktu. Misalnya dengan menerapkan sejumlah tips berikut.

Langsung Bayar Tagihan Sehari

Bagi Anda yang memiliki gaji di awal bulan, lebih baik langsung membayar seluruh tagihan dalam satu hari. Buatlah daftar tagihan apa saja yang harus dibayar serta besaran biayanya, sehingga tidak akan keteteran.

Membayar tagihan dalam satu hari maksudnya bukan di hari gajian secara langsung, melainkan tentukan tanggal tertentu yang menurut Anda sedikit luang untuk melunasi tagihan termasuk BPJS.

Menggunakan Reminder

Selanjutnya adalah menetapkan pengingat atau reminder agar Anda tidak sampai telat dalam membayar tagihan. Telat membayar tagihan akan membuat Anda jadi keteteran, apalagi jika harus membayar dua kali lipat di bulan berikutnya. Tentu tidak ingin seperti ini kan?

Mengenai pengingat ini, Anda bisa menggunakan kalender digital maupun manual. Setiap orang tentu punya salah satu cara yang paling disukai untuk mengatur pengingat.

Bayar Tagihan Satu Tempat

Tips terbaik selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah membayar seluruh tagihan bulanan dalam satu tempat. Hal ini bisa memudahkan Anda dalam mengingat tagihan apa saja yang harus segera dibayar.

Tapi jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa memilih dua tempat untuk membayar tagihan. Intinya jangan menggunakan terlalu banyak tempat untuk membayar tagihan Anda.

Buat Daftar Kebutuhan

Selanjutnya jangan lupa untuk membuat daftar kebutuhan bulanan setiap bulan. Adanya daftar kebutuhan ini akan membuat Anda jadi tahu berapa besarnya pengeluaran atau uang yang harus dikeluarkan tiap bulan. Dengan begitu, pengeluaran Anda juga akan lebih teratur dan terpantau dengan baik.

Anda juga bisa tahu sisa uang yang bisa digunakan selain kebutuhan bulanan. Termasuk uang untuk membayar tagihan dan uang untuk tabungan.

Menggunakan Bank Sinarmas

Tips yang tak kalah penting selanjutnya adalah mempercayakan tagihan BPJS Anda kepada Bank Sinarmas. Lebih baik membayarnya secara online dan mudah, sehingga tak perlu antri ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Anda bisa memilih salah satu di antara beberapa alternatif pembayaran berikut.

  • Internet Banking
  • Aplikasi SimobiPlus
  • Teller
  • ATM

Semua alternatif di atas sangat praktis dan efisien, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika menggunakan aplikasi SimobiPlus yang bisa diunduh dengan mudah melalui Google Play Store atau App Store. Anda bahkan bisa melakukan pembayarannya di mana dan kapan saja.

Jadi, sudah menentukan jenis alternatif yang ingin Anda gunakan untuk membayar BPJS melalui Bank Sinarmas? Mengenai biaya administrasi, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2,500 saja. Cukup terjangkau bukan? 

Tunggu apa lagi? Segera bayar BPJS Kesehatan melalui fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal