Alasan Social Media Campaign Perlu Dilakukan


Perusahaan membutuhkan pemasaran untuk memperkenalkan brand serta meningkatkan penjualan. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya yaitu dengan menggunakan social media campaign. Saat ini media sosial menjadi media paling efektif untuk meningkatkan konversi penjualan. Setiap perusahaan direkomendasikan untuk melakukan kampanye media sosial sesuai dengan tujuannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kampanye media sosial dibutuhkan:


Banyak Konsumen Beraktivitas di Media Sosial


Hampir semua orang yang menggunakan internet memiliki media sosial. Bahkan pengguna internet di Indonesia paling banyak adalah pengguna media sosial. Ada banyak jenis media sosial yang mereka gunakan seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan yang terbaru adalah TikTok. Menurut data tahun 2019, paling tidak pengguna media sosial menghabiskan waktunya selama 3 jam 26 menit setiap hari. Banyaknya aktivitas di media sosial membuat peluang jangkauan konsumen lebih tinggi.


Meningkatkan Brand Awareness


Brand awareness atau pengakuan merek merupakan salah satu tujuan dari social media campaign. Dengan brand awareness yang baik, maka konsumen akan lebih mudah untuk mengenal merek Anda hanya dari logo, slogan, dan lain sebagainya. Lama-kelamaan brand awareness bisa meningkatkan peluang pembelian berulang.


Lebih Mudah Berinteraksi dengan Konsumen


Interaksi dengan konsumen merupakan salah satu strategi pemasaran. Biasanya konsumen lebih suka dengan brand atau perusahaan yang mudah diajak berkomunikasi. Kampanye yang dilakukan nanti juga bertujuan untuk berinteraksi dengan konsumen. Hal tersebut membuka peluang untuk mengetahui selera mereka lebih dalam.


Pemasaran dari Mulut Ke Mulut Secara Digital


Pemasaran dari mulut ke mulut merupakan teknik pemasaran tradisional yang efektif untuk dilakukan. Di era digital ini, pemasaran dari mulut ke mulut juga bisa dilakukan secara digital melalui media sosial. Platform tersebut merupakan tempat berkumpulnya banyak orang. Mereka bisa melakukan interaksi seperti komen, sukai, dan bagikan. Konsumen bisa meninggalkan ulasan mengenai produk dengan mudah yang bisa dijadikan testimoni untuk pengguna lain. Anda harus membangun kampanye agar bisa memaksimalkan pemasaran tersebut.


Pilihan Platform Beragam


Cukup banyak platform media sosial yang populer di Indonesia. Setiap jenis platform ternyata memiliki tipe konsumen yang berbeda-beda. Memilih platform yang tepat membantu menjalankan pemasaran dengan efektif. Contohnya brand fashion biasanya lebih efektif dipasarkan di Instagram, jasa dipasarkan di semua platform, dan lain-lain.


Biaya Lebih Efektif


Pemasaran menggunakan media sosial tentu saja jauh lebih efektif dari segi budget dibandingkan pemasaran tradisional. Bahkan Anda bisa melakukan pemasaran secara gratis di media sosial. Jika ingin lebih efektif, ada juga Adsense yang bisa dimanfaatkan dengan biaya lebih murah.


Memudahkan dalam Targeting dan Retargeting


Semua jenis bisnis pasti memiliki target pasarnya masing-masing. Menggunakan media sosial membuat Anda lebih mudah menentukan target pasar. Pasalnya Anda bisa menargetkan promosi ke pengguna yang tepat berdasarkan lokasi, pendidikan, usia, jenis kelamin, dan lain sebagainya.


Meningkatkan Penjualan


Semua strategi pemasaran termasuk social media campaign pasti ujung-ujungnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Media sosial bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Jangkauan pasar yang lebih luas tersebut berpotensi meningkatkan penjualan produk atau jasa.


Itulah berbagai alasan mengapa Anda harus menjalankan social media campaign. Dibandingkan membuat kampanye sendiri yang belum tentu efektif, Anda bisa menggunakan jasa social media marketing agency yaitu IDEOWORKS.ID. Agensi yang berlokasi di Jakarta tersebut menawarkan banyak layanan termasuk kampanye media sosial. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim apabila Anda bingung dalam menjalankan kampanye. Tim IDEOWORKS.ID yang kompeten akan menyelesaikan semua permasalahan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal