Toddler Adalah Usia yang Tepat Untuk Memberikan Stimulasi

Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk menstimulasi perkembangan anak. Apalagi jika anak sudah memasuki usia toddler adalah wajib untuk memantau perkembangannya. Masa-masa emas ini akan memberikan pengaruh untuk perkembangan anak di masa mendatang.

Toddler Adalah Usia Emas

Menurut Hurlock, fase ini terjadi pada usia 12-36 bulan. Anak-anak terlalu tua dengan sebutan bayi, namun terlalu muda disebut anak-anak. Pada usia ini, pertumbuhan fisik terlihat  semakin jelas.

Pada umumnya, tinggi anak di usia menginjak 3 tahun memiliki rata-rata 80-90 centimeter. Beratnya anak ada pada kisaran 10-13 kg. Kemampuan motorik anak juga mengalami perkembangan.

Kemampuan yang Berkembang

Anak memasuki usia 3 tahun sudah memiliki kemampuan motorik halus. Berikut beberapa kemampuan motorik halus, antara lain:

  • Anak mampu mengusap dan mencuci tangannya.
  • Makan menggunakan sendok dan garpu.
  • Usia toddler adalah 1-3 tahun, anak sudah bisa menyendok kuah dari dalam mangkuk.
  • Sudah bisa membawa wadah.
  • Mampu memakai pakaiannya sendiri.
  • Sudah bisa mewarnai, walaupun masih ada warna yang keluar garis.
  • Mampu menyusun 9 balok membentuk menara.
  • sudah bisa menggunakan satu tangan untuk seluruh aktivitas.

Cara Memberikan Stimulasi

Agar perkembangan anak semakin bagus, sebagai orang tua harus melakukan stimulus.  Berikut beberapa cara menstimulasi perkembangan motorik halus, yaitu:

Memberi Buku Gambar

Anda bisa memberi anak buku gambar. Bisa juga kertas kosong beserta alat tulis dan pensil warna. Biarkan anak menggambar sesuai kemauannya. Anda juga bisa mengajarkan anak memegang pensil dengan benar.

Buku Aktivitas

Anda dapat memberikan buku aktivitas yang sudah banyak tersedia di toko buku. Di dalam buku ini terdapat beberapa aktivitas, antara lain, mewarnai, membuat bentuk geometris, dan menghubungkan titik-titik. Kegiatan ini juga bisa mengasah kecerdasan anak.

Buku Cerita

Membiasakan anak mengenal kegiatan membaca sejak dini akan memberikan banyak manfaat untuk kedepannya. Buku cerita yang warna-warni akan menarik minat anak.

Toddler adalah usia emas perkembangan anak yang sangat berharga. Dampingi anak Anda dan berikan stimulus serta nutrisi yang baik untuk bertumbuh kembang dengan baik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal

Diginet Membantu Anda Mendapatkan Manfaat SEO yang Maksimal