Transaksi yang Diterima dalam Tabungan Giro

 

Apakah tabungan giro hanya bisa digunakan untuk badan usaha? Tentu tidak, Anda yang bukan pengusaha juga bisa memanfaatkan tabungan giro ini untuk kebutuhan Anda. Akan tetapi jika Anda menjadi seorang pengusaha, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan transaksi jika memiliki tabungan giro ini.

Untuk mendapatkan kemudahan dalam transaksi ini, ada beberapa jenis pembayaran yang bisa Anda lakukan jika memiliki rekening giro ini. Apa saja? Ini dia alasannya.

Jenis Pembayaran Cek

Cek adalah salah satu alat bayar yang bisa Anda gunakan jika memiliki tabungan giro. Cek adalah sebuah alat bayar yang diterbitkan oleh bank dan digunakan untuk melakukan transaksi sebagai pengganti uang tunai. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata cek untuk transaksi ini ada 2 jenisnya, yaitu :

·   Bearer Cheque

Jenis cek pertama adalah Bearer Cheque atau disebut dengan Cek atas unjuk. Cek ini adalah cek yang tidak disertai dengan identitas penerima cek. Jenis cek ini bisa digunakan untuk mendapatkan pencairan dana tanpa adanya pengecekan. Artinya, ketika seseorang membawa cek ini bank akan langsung melakukan pembayaran pada penerima cek.

·   Cross Cheque

Jenis cek lain yang bisa digunakan untuk mencairkan dana di tabungan giro adalah Cross Cheque. Tipe cek ini merupakan tipe cek yang bisa dicairkan hanya setelah dilakukan pengecekan silang. Dalam cek ini Anda bisa menemukan identitas orang yang menerima cek.

Ciri dari jenis cek ini adalah memiliki Anda silang pada bagian ujung kiri cek. Menariknya cek ini hanya bisa di cairkan ke dalam rekening dari para penerima cek dan tidak bisa dicairkan menjadi uang langsung.

Jenis Pembayaran Bilyet Giro

Cara pembayaran lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan tabungan giro dari adalah BG atau Bilyet Giro. BG beda dengan cek, akan tetapi jika dilihat dari cara kerjanya, jenis pembayaran ini mirip dengan cek silang. Bilyet giro hanya bisa digunakan untuk memindahbukukan tabungan giro ke rekening tabungan Bank Danamon dari penerima bilyet giro tersebut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal