3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu


Ruangan tamu Anda sudah lama tidak dilakukan pengecatan sehingga tampak lusuh dan tidak menarik? Anda bisa menggunakan wall panel  untuk mengatasi hal ini. Ini memang bisa menjadi inspirasi ruang tamu Anda jika ingin memberikan hal berbeda bagi ruang tamu Anda.

Memberi sentuhan wall panel pada dinding ruang tamu Anda juga bisa memberi kesan yang menarik dan artistik. Ini juga mampu menutupi kerusakan pada dinding dan lapisan semen yang mulai rontok. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot lagi melakukan pengecatan pada desain ruang tamu Anda
Apa Itu Wall Panel?

Sebenarnya, wall panel adalah lembaran papan yang memiliki struktur dan motif tertentu. Biasanya wall panel  ini memiliki bentuk 3D sehingga akan membuat dinding tampak bervolume. Ukuran ketebalan yang bisa kita temukan di pasaran mulai dari 8 mm sampai dengan 15 mm. Bahkan, ada penyedia yang menawarkan wall panel kustom jika Anda ingin sesuatu yang berbeda.



Penggunaan wall panel juga bisa diaplikasikan untuk semua desain ruang tamu. Baik itu untuk ruangan minimalis, modern atau inspirasi ruang tamu khusus.

Saat ini sudah banyak penyedia wall panel yang bisa Anda temukan. Baik di kota terdekat atau Anda bisa memesannya secara online. 

Corak dan motifnya juga beragam, karena untuk desainnya sendiri dibuat secara komputerisasi sehingga memungkinkan bisa membuat segala corak yang diinginkan.

Inspirasi Ruang Tamu Dengan Menggunakan Wall Panel

Ada banyak material dasar yang digunakan untuk pembuatan wall panel. Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tile Board

Banyak orang mengatakan MDF atau medium density fiberboard yang dilapisi melamin adalah tile board. Karena wall panel  ini pada saat digunakan akan membuatnya seperti ubin keramin.

Tile board juga memiliki banyak fungsi. Selain sebagai penutup dinding, juga bisa Anda gunakan sebagai penahan air. 

Jenis Wall Panel ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, Anda juga akan sangat puas dengan hasilnya. Karena mampu membuat ruangan tampak mewah dan elegan.

Biasanya, jenis tile board ini banyak digunakan untuk interior rumah dan cafe, serta toilet dan dapur.

GRC atau glass reinforced concrete

Jenis Wall Panel ini terbuat dari campuran beton dan serat kaca. Selain itu, wall panel ini juga memiliki ketahanan di atas rata-rata. Tidak mudah terbakar pada suhu yang panas. Selain itu, panel ini juga mampu meredam panas dan suara.

Jika Anda ingin hunian yang lebih privat dan terjaga, panel ini benar-benar direkomendasikan.

Fiber Plant

Jika Anda pecinta lingkungan, tetapi tetap ingin memiliki hunian yang begitu menawan, fiber plant adalah pilihannya.

Wall panel ini memang ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Harganya juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan wall panel lainnya.

Gypsum

Gypsum terbuat dari campuran kertas yang dilumatkan dan dipadatkan kembali dengan menggunakan bahan campuran lain. Panel jenis ini memiliki bobot yang ringan dan mudah diaplikasikan.

Selain itu, untuk membersihkan bahan ini juga mudah. Anda hanya membutuhkan lap setengah basah jika mendapati ada kotoran menempel di permukaannya.

Gypsum juga memiliki kelebihan yang hampir sama dengan GRC. Yakni, mampu meredam suara. Sangat cocok digunakan untuk ruangan studio atau yang memiliki home theater pribadi.

Hanya saja hindari penggunaan panel ini untuk kebutuhan dapur dan kamar mandi. Karena gypsum tidak tahan air dan mudah rapuh.

Demikian beberapa jenis wall panel yang bisa Anda gunakan untuk berbagai interior rumah Anda. Termasuk untuk kebutuhan desain ruang tamu. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Kenali Input ASI Serta Berbagai Manfaatnya Untuk Anak Dan Bunda

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian