Kenali Input ASI Serta Berbagai Manfaatnya Untuk Anak Dan Bunda

Setelah bayi dilahirkan maka untuk konsumsi makanan dan minuman yang terbaik buat si kecil cukup dengan memberikannya ASI secara eksklusif. Pemberian ASI eksklusif ini minimal sampai bayi berusia 6 bulan, walaupun begitu bunda juga masih bisa melakukan input ASI sampai usia bayi 2 tahun. Kenapa harus ASI eksklusif? Ini karena pada usia ini dengan pemberian ASI eksklusif sudah cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya lebih baik. Sistem imun, perkembangan otak, sampai dengan mental anak dapat berkembang baik dengan input ASI yang rutin.

Dalam ASI sendiri terkandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan anak sehingga dengan pemberian maksimal bisa berdampak baik pula untuk tumbuh kembangnya. Pemberian ASI eksklusif juga didukung dengan bukti nyata dari berbagai penelitian dunia kesehatan seperti WHO yang menyebutkan akan pentingnya ASI eksklusif untuk bayi. 

Manfaat ASI Untuk Anak dan Bunda 

Pemberian ASI yang eksklusif tidak hanya berdampak untuk tumbuh kembang bayi tetapi juga bisa berdampak untuk kesehatan bunda. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Berikut diantaranya.

  • Bisa mengurangi terjadinya resiko stroke yang bisa menyerang bunda dengan pemberian yang rutin. Terlebih untuk bunda resiko dari kanker payudara dapat dihindari.
  • Resiko penyakit jantung juga bisa menurun dengan pemberian ASI yang rutin
  • Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung dalam ASI juga sangat baik dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak
  • Pemberian ASI eksklusif juga membantu meningkatkan kecerdasan anak
  • Resiko alergi yang biasa terjadi pada anak juga bisa hilang dengan pemberian ASI
  • Kesehatan pencernaan untuk anak karena nutrisi dalam ASI yang sesuai dengan sistem pencernaannya
  • Anak memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya dengan pemberian ASI eksklusif
  • Membuat anak menjadi tidak mudah gelisah dan lebih tenang

Selain berbagai hal di atas yang menjadi manfaat dari input ASI juga masih banyak lagi semisal untuk kesehatan mental anak karena mendapatkan kasih sayang langsung dari ibunya. Jalinan anatara ibu dan anak akan semakin erat terutama saat sang ibu menyusui anaknya. Untuk itu pula dalam pemberian ASI diusahakan secara rutin sesuai dengan yang dibutuhkan anak.

Selanjutnya yang perlu dilakukan anda sebagai orang tua dalam pemberian ASI yaitu turut juga memperhatikan akan pendukung ASI misalnya bagi bunda dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi setiap harinya. Makanan yang dikonsumsi bunda berpengaruh akan produksi ASI yang dihasilkan, usahakan untuk itu mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, dan jika perlu konsumsi susu yang memang dikhususkan untuk ibu menyusui. Selain cara tadi ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mendukung ASI seperti berikut ini.

Kondisi mental bunda yang terjaga dengan tidak mudah stress atau mengalami gangguan baby blues yang biasanya sering terjadi pada bunda yang baru pertama kali melahirkan. Kondisi mental bunda yang terjaga dengan baik tentunya berpengaruh besar pula pada asupan ASI yang diberikan.

Memberikan makanan pendamping ASi (MPASI) untuk anak yang usianya sudah lewat 6 bulan juga bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk MPASI yang diberikan betul-betul sesuai dengan usia anak. Selain itu dalam proses pengolahannya juga sebaiknya dilakukan sesuai dengan petunjuk kesehatan terlebih lagi menyajikan makanan untuk anak yang baru mengenal makanan selain ASI, mulai dari porsi makanan sampai dengan kebersihannya pastikan dengan benar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian