Prospek Kerja Lulusan Kuliah Design

Jurusan desain grafis adalah salah satu jurusan perkuliahan yang banyak tersedia di universitas-universitas Indonesia. Seiring perkembangan digital yang semakin maju, jurusan ini juga memiliki peminat yang semakin tinggi. Hal tersebut tidak lain karena prospek kerja lulusan kuliah design semakin menjanjikan. Hampir semua jenis perusahaan membutuhkan ahli desain untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Bagi Anda yang tertarik dengan jurusan desain, berikut ini ada beberapa profesi yang bisa dimasuki:

Desainer Grafis

Peluang karir pertama yang bisa dimasuki lulusan kuliah design adalah sebagai desainer grafis. Anda bisa menjadi desainer grafis di perusahaan, agency, ataupun media massa. Pekerjaan seorang desainer grafis sesuai dengan perusahaan yang menaunginya sehingga terbilang cukup luas. Jika bekerja di agency, Anda akan membuat logo, brand identity, marketing kit, dan lain-lain. Sedangkan jika bekerja di media massa, Anda akan bekerja untuk mengedit majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.

Desainer Web

Desainer web menjadi pekerjaan selanjutnya yang bisa Anda masuki nanti. Pekerjaan ini cukup menarik apalagi bagi Anda yang senang mendesain dan menyukai IT. Selain menguasai kemampuan desain grafis, seorang desainer web juga harus mampu melakukan coding. Setidaknya Anda harus paham mengenai dasar-dasar coding.

Illustrator

Illustrator merupakan pekerjaan yang sangat cocok bagi Anda yang hobi menggambar dan memiliki kreatifitas tinggi. Ketika menjadi ilustrator, maka Anda tidak akan jauh-jauh dengan pekerjaan mendesain gambar. Mereka memiliki tugas untuk membuat ilustrasi yang bisa menggambarkan tujuan tertentu. Sebagai contoh ilustrasi poster, iklan, cover novel, dan lain-lain. Tidak hanya bagus saja, gambar yang disediakan ilustrator juga harus mampu menyampaikan pesan yang diinginkan.

Art Director

Bercita-cita untuk bekerja di media massa? Art director sepertinya menjadi profesi yang cocok untuk Anda. Biasanya seorang art director bekerja di perusahaan majalah, film, televisi, ataupun koran. Adapun lingkup kerjanya yaitu bertanggung jawab atas desain visual dari media yang dikeluarkan perusahaan. Mereka harus mampu menciptakan desain baik berupa video maupun foto. Jiwa kepemimpinan dibutuhkan karena art director harus bisa mengarahkan orang lain.

Video Editor

Maraknya konten-konten yang ada di media sosial maupun platform online lainnya membuat video editor banyak dicari. Tools yang harus dikuasai oleh seorang video editor yaitu Final Pro Cut, Adobe Premiere Pro, dan lain sebagainya. Selain mampu melakukan editing dengan software tersebut, video editor juga harus bisa memilih efek suara ataupun musik yang relevan.

Divisi Kreatif di Advertising Agency

Divisi kreatif dari perusahaan advertising biasanya diisi oleh pemuda yang memiliki jiwa kreatif tinggi. Tampilan visual merupakan poin utama dari advertising sehingga ahli desain grafis sangat dibutuhkan. Kreatifitas dan juga pemikiran segar bisa membantu membuat iklan dengan visual menawan namun tetap mampu menyampaikan kampanye yang diinginkan.

Itulah beberapa peluang kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan kuliah design. Semakin populernya jurusan ini juga membuat persaingan semakin ketat. Anda harus memiliki skill yang baik agar bisa bersaing dengan kompetitor. IDS atau International Design School merupakan tempat yang tepat untuk menimba ilmu desain. Anda bisa memilih program digital design college jika ingin kuliah di kampus ini.

International Design School menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang seperti aplikasi Adobe, laboratorium, perpustakaan, dan lain sebagainya. Kuliah di IDS juga memungkinkan Anda untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Kampus yang terletak di Jakarta Selatan ini bekerja sama dengan kampus Australia sehingga setelah lulus Anda bisa melanjutkan di sana. Selengkapnya mengenai program Digital Design College dari IDS bisa dilihat di idseducation.com.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal