Keuntungan Kuliah di Jurusan Teknik Informatika



Di era digitalisasi seperti saat ini, jurusan di bidang ilmu komputer sangat diminati oleh calon mahasiswa baru. Ada beberapa jurusan di bidang ilmu komputer yang ditawarkan oleh universitas di Indonesia, salah satunya yaitu Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika atau TI bisa dikatakan sebagai jurusan ilmu komputer yang paling populer. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya peminat jurusan TI setiap tahun. Masuk ke jurusan TI memang memiliki banyak keuntungan, terutama bagi Anda yang senang mengikuti perkembangan teknologi.

Adapun keuntungannya tersebut yaitu:



Peka Terhadap Perkembangan Teknologi

Teknologi merupakan hal penting, terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini. Jika Anda menjadi mahasiswa jurusan TI maka Anda akan lebih peka terhadap perkembangan teknologi yang terjadi di dunia. Pasalnya mempelajari perkembangan teknologi berhubungan dengan jurusan yang Anda pilih ini.

Paham Terhadap Pemrosesan yang Ada di Komputer

Mungkin banyak orang penasaran dengan pemrosesan yang terjadi di dalam komputer. Bagaimana perangkat komputer bisa bekerja menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Anda yang kuliah di jurusan Ti bisa mengetahui pemrosesan informasi di komputer yang rumit. Memahami pemrosesan komputer bisa membantu Anda menciptakan hal-hal yang lebih inovatif.

Bisa Membuat Program Sendiri

Masuk ke jurusan Teknik Informatika artinya Anda akan berkecimpung di dunia coding atau pembuatan software. Anda akan belajar membuat software untuk mobile, desktop, maupun website. Ilmu yang didapatkan bisa menjadi modal untuk membangun startup atau bekerja di perusahaan IT.

Bisa Melakukan Development Pada Sistem

Selain membuat program atau software, Anda juga bisa mendevelop sistem jika kuliah jurusan TI. Dalam mendevelop sistem, ada banyak hal yang harus dipelajari mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras.

Bisa Memperbaiki Perangkat Sendiri

Meskipun tidak semua mahasiswa TI bisa memperbaiki perangkat sendiri, namun masih banyak juga yang bisa melakukannya. Apabila Anda bisa memperbaiki perangkat yang rusak maka Anda bisa menghemat biaya. Selain itu, skill memperbaiki perangkat ini juga bisa dijadikan penghasilan. 

Bisa Merakit PC atau Komputer

Keuntungan kuliah di jurusan TI selanjutnya yaitu bisa merakit PC atau komputer sendiri. Ketika mampu merakit PC sendiri maka Anda bisa mendapatkan komputer yang lebih friendly namun dengan harga yang lebih terjangkau. Biasanya mereka yang bisa merakit sendiri mengambil peminatan yang berhubungan dengan hardware atau perangkat keras. Beberapa mahasiswa bahkan bisa membuat robot sendiri dengan kemampuan merakitnya tersebut.

Lapangan Kerja Banyak

Keuntungan utama menjadi mahasiswa jurusan TI yaitu lapangan kerja yang banyak dan menjanjikan. Semua perusahaan membutuhkan tenaga IT untuk menangani masalah IT di perusahaannya. Banyak posisi yang bisa diisi oleh lulusan Teknik Informatika mulai dari analis sistem komputer, programmer, admin database, software engineer, arsitek jaringan komputer, web developer, dan lain sebagainya. 

Bisa Membuka Jasa Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika tidak harus bekerja di sebuah perusahaan. Anda bisa membuka bisnis sendiri misalnya jasa konsultan IT. Tugas dan tanggung jawab konsultan IT yaitu merencanakan, melaksanakan, hingga melakukan evaluasi teknologi informasi di sebuah perusahaan.

Itulah beberapa keuntungan jika Anda memilih jurusan Teknik Informatika sebagai jurusan kuliah. Salah satu perguruan tinggi yang recommended dengan jurusan TI adalah STMIK Bidakara dari IDS Digital College. Perguruan tinggi tersebut berlokasi di Jakarta Selatan. Selain jurusan TI, STMIK Bidakara juga menawarkan jurusan Sistem Informasi. Apabila tertarik untuk kuliah di STMIK Bidakara dari IDS Digital College Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website ids.ac.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Jenis Wall Panel Untuk Inspirasi Ruang Tamu

4 Macam Ukuran Kitchen Sink Beserta Jenisnya

Manfaat Menjaga Berat Badan Anak Ideal