Cara Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan

Pemerintah memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat dengan menghadirkan layanan BPJS Kesehatan. Layanan ini sangat membantu karena menawarkan premi atau tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta. Ada tiga kelas yang disediakan oleh pemerintah yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Setiap kelas menawarkan fasilitas dengan tarif yang berbeda-beda. Agar bisa menikmati layanan kesehatan sesuai kelas yang dipilih, Anda harus melakukan pembayaran BPJS setiap bulannya. Berikut ini cara cek tagihan serta cara melakukan pembayaran premi BPJS yang bisa Anda ikuti:

Cara Mengecek Tagihan BPJS

Melalui website resmi BPJS

Anda wajib membayar premi setiap bulan jika ingin mendapatkan layanan dari BPJS Kesehatan. Besar premi yang dibayarkan tergantung dari kelas yang dipilih. Premi paling tinggi yaitu untuk kelas 1, sedangkan premi paling terjangkau yaitu untuk kelas 3. 

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai besar premi yang harus dibayarkan melalui website resmi BPJS. Pasalnya premi bisa berubah-ubah sesuai kebijakan pemerintah sehingga Anda harus selalu update. Website resmi BPJS yang bisa Anda kunjungi yaitu https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ dan ikuti langkah-langkahnya.

Melalui aplikasi JKN

Cara yang kedua melalui aplikasi mobile yang disediakan BPJS Kesehatan yaitu aplikasi JKN. Aplikasi ini bisa diunduh oleh pengguna Android di Play Store dan pengguna iOS di App Store. Jika sudah mengunduhnya, langsung saja registrasi menggunakan nomor kepesertaan. Langsung masuk ke menu Tagihan, dan pilih sub menu Premi. Akan tertera berapa tagihan yang harus Anda bayarkan.

Melalui SMS Gateway

Pemerintah memberikan kemudahan bagi peserta dengan memberikan beragam cara pengecekan. Cara terakhir yang bisa Anda pilih adalah melalui SMS gateway. Layanan ini cocok jika Anda jarang menggunakan internet. Nomor yang bisa dihubungi untuk bisa mendapatkan layanan SMS gateway BPJS Kesehatan yaitu 087775500400. Kirim SMS dengan format tagihan <spasi> nomor kepesertaan. Nanti akan ada balasan berapa besar premi yang harus Anda bayarkan.

Cara Membayar Premi BPJS Melalui Bank Sinarmas

Melalui SimobiPlus

Pembayaran BPJS paling mudah yaitu melalui aplikasi mobile banking atau yang lebih dikenal dengan nama SimobiPlus. Anda sebagai pengguna Android maupun iOS bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store dan App Store. Setelah memilikinya, langsung saja masuk ke aplikasi dan pilih menu Pembayaran/Pembelian, lalu kategori “Layanan Umum”. Isi field yang diminta berupa IDPEL dan jumlah bulan. IDPEL diisi 88888 + 11 digita nomor BPJS.

Melalui Teller Bank

Apabila lokasi dekat dengan kantor cabang terdekat, Anda bisa membayar BPJS melalui teller. Langsung saja kunjungi kantor cabang terdekat dan mengantri untuk membayar BPJS. Nanti setelah dipanggil pihak teller akan meminta informasi berupa nomor peserta BPJS dan jumlah bulan. Setelah itu akan ada tanda atau bukti bahwa Anda sudah membayar tagihan BPJS sesuai bulan yang dibayarkan.

Melalui Mesin ATM

Mesin ATM bisa menjadi alternatif selanjutnya jika m-banking trouble dan kantor cabang jauh. Cara membayar BPJS melalui mesin ATM yaitu dengan memilih menu “Pembayaran/Pembelian”, kemudian pilih “Layanan Umum”. Masukkan jumlah bulan + 88888 + 11 nomor peserta BPJS.

Itulah informasi mengenai cara cek tagihan beserta cara melakukan pembayaran BPJS melalui Bank Sinarmas. Bank satu ini memang memberikan kemudahan kepada para nasabah agar bisa menikmati layanan kesehatan dari pemerintah kapan saja. Selain pembayaran tagihan BPJS, Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan lainnya seperti tagihan listrik, air, internet, dan lain sebagianya. Dapatkan informasi seputar layanan Bank Sinarmas yang lebih lengkap di website banksinarmas.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian

4 Manfaat Susu Pertumbuhan untuk Anak