Cara Mengobati Luka Bakar

cara mengobati luka bakar

Anda dan keluarga Anda terpapar risiko terbakar setiap hari. Antara pengeriting rambut, kopi panas, pakaian setrika dan memasak di dapur, luka bakar adalah kemungkinan yang sangat nyata.

Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Jika Anda atau anggota keluarga menderita luka bakar, ada beberapa langkah segera yang dapat Anda ambil untuk memastikan perawatan yang tepat diterima. Pertama, perlakukan setiap luka bakar seperti luka bakar besar sampai Anda dapat menentukan sebaliknya. Anda harus menenangkan dan meyakinkan orang yang telah terbakar. Selanjutnya, Anda ingin mengatasi hal-hal berikut:

Segera lepas Pakaian dan Aksesori ketika Anda mengalami luka bakar 

Lepaskan pakaian apa pun atau aksesori yang sangat rapat seperti cincin kawin dari area di sekitar luka bakar. Jika pakaian tersangkut di luka bakar, jangan coba-coba melepasnya.

cara mengobati luka bakar

Dinginkan Luka Bakar

Gunakan kain bersih dan kemudian letakan di luka bakar selama 10 hingga 15 menit. Jika tidak memungkinkan, oleskan kain basah yang sejuk dan bersih ke luka bakar. JANGAN gunakan es.

Menilai Luka Bakar

Anda harus menilai luka bakar untuk menentukan apakah luka itu dangkal atau lebih parah. Anda mungkin dapat mengobati luka bakar yang dangkal di rumah, tetapi luka bakar yang lebih parah akan membutuhkan perawatan medis.

Apakah Anda Perlu Perawatan Medis?

Bagaimana jika luka bakar itu besar? Bagaimana jika lebih dari merah dan sedikit bengkak? Bagaimana Anda tahu kapan harus mencari perhatian medis? Berikut adalah empat pertanyaan untuk membantu Anda menentukan apakah luka bakar Anda memerlukan perawatan medis.

Di Mana Terletak?

Setiap luka bakar pada wajah, mata, telinga, tangan, kaki atau alat kelamin harus dirawat di ruang gawat darurat. Jika luka bakar lebih dari sekadar kerusakan jaringan superfisial, Anda juga harus pergi ke UGD. 

Seberapa Dalam Luka Bakar?

Luka bakar superfisial, seperti terbakar matahari, umumnya merah dan menyakitkan. Mereka akan melepuh 24 jam setelah luka bakar awal. Jika itu adalah luka bakar yang dangkal, perawatan medis segera mungkin tidak diperlukan. Jika Anda atau anak Anda menderita luka bakar ringan, itu akan tampak merah, sedikit bengkak, dan itu akan berubah putih ketika Anda menekan kulit. Luka bakar ringan menyakitkan - tenangkan rasa sakit dengan mendinginkan luka bakar di bawah air mengalir yang dingin, tidak dingin, selama 10 hingga 15 menit. Anda juga bisa menggunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air dingin untuk membakar.

Tetapi jika luka bakar lebih dalam, lepuh akan muncul segera setelah cedera. Luka bakar yang sangat dalam biasanya tidak menyakitkan dan menyebabkan perubahan warna pada kulit yang tampak abu-abu atau keputihan. Mencari perawatan medis segera untuk jenis luka bakar ini.

Seberapa besar luka bakar ?

Jika luka bakar Anda menutupi area kulit yang luas, area yang lebih besar dari ukuran telapak tangan Anda, dapatkan perawatan medis. Luka bakar yang lebih besar, tergantung di mana letaknya, dapat merusak fungsinya. Jika Anda memiliki luka bakar yang besar di kaki Anda dan itu mencegah Anda dari memakai sepatu dengan nyaman, jangan menunda mencari perawatan.

Apakah Anda mutakhir tentang vaksinasi Anda?

Semua luka bakar adalah tetanus prima, jika Anda belum menerima pertunjukan tetanus dalam 5-10 tahun terakhir maka Anda perlu mendapatkan booster dan jika Anda tidak pernah diimunisasi maka Anda perlu mendapatkan suntikan tetanus.

Apakah Terinfeksi?

Jika luka bakar sepertinya sedang mengalami infeksi, Anda harus pergi ke unit gawat darurat. Tanda-tanda utama infeksi termasuk meningkatnya rasa sakit, kemerahan, drainase, pembengkakan dan bau.

Ukuran luka bakar apapun, kecil atau serius, dapat menyebabkan infeksi. Karena itu, penting untuk memastikan luka bakar Anda tetap bersih dan kering serta ditutupi dengan perban bersih atau balutan steril dan salep antibiotik.

Mengidentifikasi luka bakar ringan

Jika Anda memiliki luka bakar ringan, semprotkan air dingin di atas luka bakar dan jaga agar tetap dingin dengan lidah buaya. Namun, jika luka bakar lebih serius, pengobatan rumahan hanya akan menunda Anda dari menerima perawatan medis yang tepat untuk luka Anda, yang secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi.

Mengidentifikasi Keparahan Bakar

Tingkat keparahan luka bakar didasarkan pada seberapa banyak kulit rusak, mengukur luas permukaan dan kedalaman luka bakar. Namun, dapat menjadi rumit untuk menilai apakah luka bakar sangat penting dan membutuhkan perawatan profesional.

Luka Bakar Tingkat Pertama

Luka bakar tingkat pertama yang kecil dan terkadang luka bakar tingkat kedua tidak perlu dirawat oleh penyedia layanan kesehatan. Luka bakar tingkat pertama dicirikan sebagai jenis luka bakar paling tidak serius, hanya melibatkan lapisan luar kulit. Jenis luka bakar ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Jika Anda menderita luka bakar tingkat pertama, rendam luka bakar dalam air dingin selama sekitar 5 menit - ini membantu mengurangi pembengkakan dengan menarik panas dari kulit yang terbakar. Kemudian, rawat kulit dengan Aloe Vera atau salep antibiotik dan bungkus dengan longgar dalam perban kasa kering. Pereda nyeri yang dijual bebas juga bisa membantu mengatasi rasa sakit dan bengkak.

Luka Bakar Tingkat Kedua

Luka bakar tingkat dua lebih serius, menyebabkan kulit merah, putih, atau bercak, bengkak, sakit dan lecet. Jika Anda menderita luka bakar tingkat dua kecil yang tidak lebih besar dari 3 inci, Anda dapat mengikuti program perawatan diri yang sama, tetapi hanya menahan luka bakar dalam air dingin selama sekitar 15 menit. Namun, jika area yang terbakar lebih besar atau menutupi tangan, kaki, wajah, pangkal paha, bokong atau sendi utama, perlakukan sebagai luka bakar utama dan segera cari perawatan medis.

Luka Bakar Tingkat Ketiga

Luka bakar tingkat ketiga adalah jenis luka bakar paling serius dan membutuhkan panggilan ke 911 dan perawatan medis segera. Jenis luka bakar ini melibatkan semua lapisan kulit dan lemak di bawahnya, terkadang bahkan mempengaruhi otot dan tulang. Seseorang yang menderita luka bakar tingkat tiga harus segera pergi ke rumah sakit. Jangan lepaskan pakaian apa pun yang tersangkut pada luka bakar dan jangan merendam luka bakar dalam air atau oleskan salep.

Kulit yang terkena luka bakar derajat tiga mungkin tampak kering dan kasar atau terlihat hitam, putih, coklat atau kuning. Kulit ini juga akan membengkak. Dalam beberapa kasus luka bakar tingkat ketiga, korban mungkin tidak merasakan sakit karena ujung sarafnya telah dihancurkan.

Korban luka bakar derajat ketiga juga mungkin mengalami kesulitan bernapas, keracunan karbon monoksida atau efek toksik lainnya jika inhalasi asap terjadi di samping luka bakar. Faktor-faktor yang menyulitkan ini membuatnya semakin penting untuk segera sampai ke rumah sakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Mainan Anak Menurut Dancow Parenting

Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Memilih Sebuah Berlian

4 Manfaat Susu Pertumbuhan untuk Anak