Cara Mengetahui Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Cara Mengetahui Keaslian Perhiasan Berlian - Biz Fishing Game
perhiasan berlian

Bagaimana jadinya jika pasangan, sahabat, atau keluarga memberi perhiasan berlian, namun ternyata setelah diselidiki ternyata berliannya palsu? Agak kecewa bukan? Begitupun ketika kamu ingin memberi berlian pada seseorang. Pastikan dulu bahwa berlian yang kamu beli itu asli. Karena jika ketahuan palsu, kamu pasti malu bukan? 

Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menganalisa, mana berlian yang asli dan mana yang palsu. Kamu tak perlu membawa berlian ke laboratorium untuk mengecek keasliannya. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bahkan saat kamu berada di rumah. Yuk simak beberapa caranya di bawah ini!

Panduan Menganalisa Berlian Asli dan Palsu

Jenis Berlian yang Paling Laris di Indonesia
Perhiasan berlian merupakan item yang sangat spesial. Bahkan beberapa orang menganggap berlian sebagai barang paling spesial karena menjadi simbol kesakralan tertentu, misalnya pernikahan. Pada dasarnya, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memonitor originalitas cincin berlian. Pertama, kamu membawa berlian pada orang atau lembaga profesional yang mampu menganalisa keaslian berlian. Kedua, kamu bisa menganalisa sendiri keaslian berlian di rumah.

Jika kamu tidak memiliki budget atau malas menggunakan jasa profesional, maka kamu bisa menggunakan cara rumahan. Meskipun sederhana, namun cara-cara rumah bisa dikatakan sangat akurat. Yang kamu perlukan cuma panduan yang benar dan beberapa peralatan sederhana. Nah agar kamu tidak membeli berlian palsu, coba cek beberapa cara di bawah ini!

Tes Bacaan


Bayangkan kamu membeli berlian seharga puluhan juta, namun ternyata setelah beberapa lama, kamu menyadari bahwa berlian tersebut palsu? Wah kamu marah dong tentunya? Nah ada satu cara paling mudah untuk mengetahui keaslian berlian yaitu lewat tes bacaan. Bagaimana metodenya? Sangat simpel, kamu tinggal meletakan berlian persis diatas kertas yang didalamnya terdapat teks. 

Perhatikan, jika kamu bisa membaca teks yang ada dibalik berlian, maka dipastikan bahwa berlian tersebut palsu. Sebaliknya, jika kamu kesulitan membaca teks apa yang ada di balik perhiasan, maka besar kemungkinan berliannya asli. Mudah bukan?

Tes Ampelas


Selain tes kertas, solusi paling mudah untuk mengetahui apakah berlian asli atau palsu lainnya yaitu dengan tes ampelas. Ya betul sekali, yang kamu perlukan hanya satu item yaitu ampelas. Nah metodenya sangat simpel kok! 

Kamu tinggal menggosok-gosok ampelas ke permukaan berlian. Perlu kamu ketahui, berlian merupakan batu mulia paling kuat dan sangat sulit untuk tergores. Jika kamu menemukan adanya goresan, bahkan jika kamu menggeseknya sangat pelan, maka berlian tersebut bisa dipastikan palsu. Jika kamu tidak menemukan adanya perubahan setelah digosok ampelas, maka besar kemungkinan berlian tersebut asli. Sangat simpel!

Tes Panas


Apabila kamu sangat penasaran dengan status perhiasan milikmu, apakah asli atau palsu, maka kamu bisa melakukan tes panas. Namun perlu kamu catat, tes ini hanya berlaku jika kamu bersedia merusak berlian palsu milikmu. Jadi tesnya begini, coba kamu perhatikan baik-baik.

Kamu bakar berlian milikmu dengan korek api atau api kompor gas selama sekitar 30 detik, lalu celupkan kedalam air dingin. Berlian asli mampu menahan panas dengan sangat baik sehingga kamu bisa melihatnya stabil saat dimasukan kedalam air dingin. Sedangkan berlian palsu saat dicelupkan akan mengalami reaksi seperti mengeluarkan asap, dan berlian palsu pasti rusak setelahnya.

Seperti yang kamu baca di atas, tidaklah sulit untuk mengetahui keaslian perhiasan berlian asli dan palsu. Kamu tentu butuh berlian asli bukan? Kamu bisa menemukan banyak sekali cincin berlian asli terbaik lewat Frank & Co., misalnya seperti Infinity Ring, Timeless Wedding Ring, Aureola Wedding Ring, dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Jual Apartemen Tangerang Agar Cepat Laku

Tips Menjalankan Cara Kerja QNET Agar Sukses

Isi Saldo Rekening Menggunakan Promo dari Jenius